Beranda Pendidikan

Kembangkan PKU ke Unida

BERBAGI

CIAWI–Universitas Djuan­da Bogor (Unida) mem­berikan pela­tihan kewirau­sahaan ke­pada siswa SMAN 1 Ciawi di ruang Pasca­sarjana Unida. Kegiatan itu diikuti 55 siswa dan lima guru pembim­bing SMAN 1 Ciawi.

 

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Ciawi, Ade Niarti menje­laskan, kun­jungan universitas meru­pakan salah satu program SMA rujukan. Kunjungan tersebut berupa pendidikan dalam bentuk kewirausahaan dalam Multi-Kurikulum 2013.

“Sekarang terdapat mata pelajaran pendidikan kewirau­sahaan (PKU) yang tentunya untuk membekali siswa selain dari segi intelek­tual juga siswa di harapkan siswa memiliki keterampilan berwirausaha,” kata dia.

Unida merupakan univer­sitas yang selain dekat dengan seko­lah dari segi jarak, juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk dapat mereka kunjungi dalam menam­bah ilmu pengetahuan, khususnya dari ilmu wirausaha.

“Kegiatan dibuka dengan pengenalan dasar-dasar berwi­rausaha, selanjutnya diakhiri dengan kegiatan praktik pembuatan produk berupa bakery dan permen cokelat,” ujar Ade.

Salah satu siswa SMAN 1 Ciawi, Aura Remandina ARP menu­turkan bahwa setelah menda­patkan mentoring mengenai kewirausahaan, banyak sekali pelajaran yang didapatkan dalam kunjungan tersebut.

Dalam bidang kewirausa­haan bukan hanya sekadar tentang menciptakan peluang kerja, namun mereka bisa mengem­bangkan suatu produk yang oleh kebanyakan orang dipan­dang sebelah mata. Padahal jika dikembangkan lebih bisa menghasilkan suatu produk yang sangat luar biasa.

“Tip dan trik dalam berwi­rau­saha yang baik sesuai akidah Islam menjadi ilmu yang sangat ber­manfaat dalam kunjungan ini. Karena Islam menga­jarkan dalam berwirau­saha harus mengede­pankan keimanan dan ketak­waan juga,” tutupnya.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga