Beranda Metropolis

Berebut Naik Kendaraan Tempur

BERBAGI
ANTUSIAS: Sejumlah anak-anak mencoba alutsista yang dipamerkan di Jalan Sudirman, kemarin (1/10). fikri/ radar bogor

BOGOR_Warga Kota Hujan dan sekitarnya mendapat hiburan langka dari Korem 061 Suryakancana kemarin (1/10). Mereka memamerkan puluhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di sepanjang Jalan Jendral Sudirman. Kehadiran kendaraan tempur keren ini merupakan rangkaian dari HUT ke-72 TNI.

Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Letkol Arm Dodi Suhadiman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hajat Korem 061/Suryakancana. Maka, yang dilibatkan dalam pameran itu adalah seluruh satuan yang ada di bawah kendali Korem 061/Suryakancana. “Kebetulan Korem 061/Suryakancana menyelenggarakan pameran alutsista. Kita libatkan seluruh alutsista yang ada di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya,” ujarnya kepada Radar Bogor saat menghadiri pameran.

Ia mengatakan, salah satu tujuan dipamerkannya berba­gai alutista itu, antara lain, untuk menunjukkan rasa memi­li­ki di dalam diri masya­ra­kat Bogor. Pasalnya, meski­pun keseharian­nya digunakan oleh TNI, tapi berbagai senjata itu milik masyarakat bersama. “Inti dari kegiatan ini adalah, menunjuk­kan bahwa alutsista ini milik masyarakat. Sehingga menjadi kewajiban bagi masyarakat untuk memelihara­nya,” terangnya.

Adapun berbagai peralatan perang yang dipamerkan, antara lain, sepeda roda dua Polisi Militer (PM), hingga mobil roket atau Astros type LMU. Pantauan Radar Bogor, lokasi yang merupakan area car free day (CFD) ramai dikunjungi masyarakat.

Berbagai stan yang terdiri atas berbagai macam senjata itu, ramai dijadikan objek foto. Salah satunya, mobil Roket dengan sebutan Astros Type LMU. Mobil dengan tinggi kurang lebih lima meter itu menjadi objek foto paling favorit. Banyak anak kecil silih berganti menaiki mobil bermotif loreng itu dengan dipandu petugas.

Salah satu penjaga stan senjata yang merupakan anggota Yonif 315, Sertu Andi Muyadi, menjelaskan berbagai spesifikasi senjata yang dipamerkan di stan-nya. Sedikitnya ada enam senjata yang dipamerkan. Beberapa di antaranya, Motrir 81 Tampela, Mortir 60 Longren, SPR2, Steyr SSG 69, SO Minimi, serta SS1 V3.

Namun, Sertu Andi menga­takan hanya ada satu senjata yang wajib dimiliki masing-masing personel, yakni SS1 V3. Senjata laras panjang itu, menurut­nya, sudah pasti dimili­ki oleh setiap personel TNI. “Tapi hanya dipegang ketika sedang bertugas. Jadi tidak dibawa pulang,” tandasnya.(rp1/c)

Komentar Anda

Baca Juga