Beranda Ekonomi

Ajarkan Anak Berproses

EKSPO: Siswa-siswi SMAIT At Taufiq memamerkan hasil karyanya , Sabtu (30/9)

BOGOR–Mengajarkan anak berusaha mendapatkan sesuatu dan mengalami sebuah proses, adalah hal penting agar anak dapat berkembang sesuai poten­sinya. Hal tersebut dilakukan SMAIT At-Taufiq yang direalisa­sikan dalam acara Afiextion At-Taufiq Expo & Exhibition.

Kepala SMA IT At-Taufiq, Ma’mun mengatakan bahwa acara yang diselenggarakan pada Sabtu (30/9) di lorong SD IT At-Taufiq tersebut digelar atas kreativitas siswa.

“Kegiatan ini merupakan hasil pelaporan belajar siswa selama tiga bulan, baik kelas 10 maupun 11. Panitia kegiatan ini semuanya anak-anak kami, dan pengisi acara maupun stand-stand yang ada di depan semuanya hasil karya anak-anak,” tuturnya.

Ma’mun mengatakan bahwa anak-anak sangat perlu bersa­habat dengan proses. Untuk itu acara pada saat itu semua diserahkan kepada siswa. “Semoga kegiatan ini menjadi sumber keberkahan, banyak proses yang dijalani anak-anak sampai bisa mengadakan kegiatan ini, kita perlu bersaha­bat dengan proses. Kami juga berikan porsi kepada anak-anak berdasarkan bidang kemam­puannya, kembangkan itu,” beber Ma’mun.

Menurutnya, setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, tidak dapat disamaratakan. “Ada yang pintar dalam matematika, ada juga mungkin yang menonjol dalam pelajaran bahasa Inggris, ada anak yang pandai membaca Alquran dan masih banyak lagi. Itu yang kami garis bawahi. Maka kami memetakan mereka berdasarkan kemampuan, sehingga ketika keluar SMA mereka siap dengan masalah-masalah yang mereka hadapi,” terangnya.

Wakasek SMA IT At-Taufiq, Dini Oktaviani menjelaskan bahwa banyak proses yang dirasakan para siswa selain dalam kegiatan Afiextion At-Taufiq Expo & Exhibition tersebut.

“Yang ditampilkan saat ini hanya sebagian kecil hasil karya anak-anak, dan apa yang tertuang di atas kertas dalam rapot mereka, tidak mungkin mewakili potensi mereka semua. Kita niatkan semua dalam rangka berproses. Mari belajar berproses bersama, berproses untuk menjadi lebih baik,” tandas Dini.

Ketua panitia Fathi Bawazier mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan juga pihak guru maupun yayasan yang membantu terseleng­garanya Afiextion At-taufiq Expo & Exhibition.(cr1/c)

Baca Juga