Beranda Metropolis

Pancaroba, Waspada Hujan-Petir

BERBAGI

BOGOR–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dramaga Bogor memprediksi, kondisi cuaca di Kota Bogor pada bulan ini hingga akhir Oktober masuk masa pancaroba. Artinya, cuaca di siang hari akan sering kali terasa panas. Namun, sore harinya hingga malam cenderung hujan.

Kasie Data dan Informasi pada BMKG Dramaga, Hadi Saputra memaparkan, selain cuaca yang cepat berubah, musim pancaroba juga akan disertai hujan, angin dan petir. Kondisi tersebut biasa terjadi setiap tahunnya. “Tapi, justru hujan lebat dan angin kencang, petir adanya di musim pancaroba. Kalau musim hujan itu, awannya sudah awan tipis semua. Kalau pancaroba lebih tebal awannya,” ujarnya kepada Radar Bogor kemarin (29/9).

Ia menjelaskan, kini Kota Bogor tengah melalui transisi ke musim hujan. Masa transisi tersebut akan berangsur hingga akhir Oktober. “Mulai masuk musim transisi sekarang. Musim hujannya, menurut prakiraan sekitar akhir Oktober atau awal November. Sedangkan sekarang masih pancaroba,” terangnya.

Pihaknya memprediksi puncak musim hujan di Kota Bogor akan terjadi sekitar Januari ataupun Februari tahun depan. “Biasanya, kalau musim hujan di Bogor sangat berbahaya, karena diiringi banyak petir dan angin kencang,” kata Hadi.

Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat Kota Bogor tetap waspada ketika bepergian. Karena jika sedang hujan, berpotensi terjadi bencana. Seperti halnya kejadian pohon besar yang tumbang di Jalan Jalak Harupat, dekat pintu masuk Istana Presiden, beberapa waktu lalu. “Coba jauhi pohon-pohon besar,” tandasnya.(rp1/c)

Komentar Anda

Baca Juga