25 radar bogor

Catur Sumbang Medali Terakhir

PRESTASI: Dua pecatur Indonesia memperlihatkan medali.
PRESTASI: Dua pecatur Indonesia memperlihatkan medali.

ASGHABAT –Cabang olahraga catur menjadi penyumbang medali terakhir bagi Indonesia pada Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) di Asghabat, Turkmenistan, yang berakhir Rabu (27/9).

Medali perunggu terakhir Merah Putih tersebut disumbangkan duet Chelsea Monica Sihite dan Ummi Fisabillah di nomor catur kilat putri U-23. Mereka berada di peringkat ketiga setelah mengalahkan Iran. Sedangkan perak diraih Tiongkok dan perunggu lainnya direbut Kazakhstan.

“Nomor blitz tiga menit plus dua detik per langkah memang ada unsur luck-nya,” kata Manajer tim catur Indonesia Kristianus Liem
Sayangnya, tim putra U-23 gagal mengikuti jejak Chelsea dan Ummi. Namun, Novendra mampu mencatat prestasi mengejutkan dengan mengalahkan pecatur peringkat satu dunia junior (U20) GM Wei Yi.

Begitu juga Yoseph Taher yang mengalahkan juara blitz Asia 2016 GM Lu Shanglei. Kegagalan yang sama juga dialami tim putra yang diperkuat GM Susanto Megaranto dan Lutfi. Mereka dikalahkan India dengan skor 0-2.

“Di sini, Lutfi tampil cukup stabil mencetak empat poin dari lima babak, hanya kalah sekali lawan GM Surya Ganguly. Lutfi menang dari GM Nguyen Ngoc Truong Son,” kata Kristianus Liem.

Kegagalan juga dialami putri Indonesia yang pada babak terakhir dikalahkan Vietnam 0-2. “Saat itu, Medina yang dalam posisi menang materi dan posisi saat lawan Alexandra Samaganova Kyrgystan salah pegang buah catur sehingga kena mat,” jelas Kristianus. Dengan hasil ini, Indonesia meraih dua emas, empat perak, dan 14 perunggu.(jos/jpnn)