25 radar bogor

Real Madrid Akhiri Kutukan

Winger Real Madrid Gareth Bale dihadang bek Borussia Dortmund
Winger Real Madrid Gareth Bale dihadang bek Borussia Dortmund

JERMAN–Rasa penasaran Real Madrid terhadap Borussia Dortmund akhirnya tuntas. Diwarnai dengan dua gol dari Cristiano Ronaldo, Madrid untuk kali pertama menang di Signal Iduna Park, markas Dortmund.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri kutukan di mana El Real tidak pernah menang di kandang Dortmund. Madrid memiliki rekor kurang apik saat melakoni laga di kandang Dortmund. Dari enam lawatan ke markas Dortmund, Los Merengues imbang tiga kali dan kalah tiga kali, tanpa kemenangan.

Jelang laga, pelatih Zinedine Zidane berharap bisa menuntaskan penasaran tersebut. Bingo! Upaya Ronaldo cs tak sia-sia. Dortmund yang begitu gagah di kandangnya saat bersua Madrid, akhirnya runtuh. Madrid menang 3-1 dan diwarnai dua gol dari Ronaldo.

Kemenangan dari Dortmund membuat Madrid meraih hasil sempurna di Grup H. Sebelumnya pada matchday 1, mereka menang 3-0 kala menjamu APOEL Nikosia. Madrid mengemas 6 poin dan berbagi angka sama dengan Tottenham Hotspur yang secara bersamaan menang 3-0 atas tuan rumah APOEL. Menariknya, Madrid dan Tottenham selain memiliki poin sama, juga mempunyai produktivitas yang sama pula.

Madrid memang bertanding penuh percaya diri. Mereka lebih banyak melakukan inisiatif menyerang sejak menit awal. Upaya mereka tak sia-sia. Sebuah umpan lambung dari Dani Carvajal berhasil dikonversi menjadi gol oleh Gareth Bale lewat tendangan first time kaki kiri. Gol tercipta pada menit 18 dan Madrid unggul 1-0.

Aksi Bale menjadi satu-satunya gol di babak pertama. Memasuki babak kedua, Los Merengues masih tetap rajin memberikan tekanan. Lima menit babak kedua berlangsung, Ronaldo menggandakan keunggulan Madrid menjadi 2-0. Umpan tarik Bale dari sisi kanan pertahanan Dortmund berhasil Dortmund merespons cepat. Selang empat menit kemudian, Pierre-Emerick Aubameyang memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Dia memanfaatkan umpan lambung dari Gonzalo Castro.

Gol Aubameyang membuat Dortmund langsung termotivasi. Namun, upaya me reka mencari gol kedua selalu menemui kegagalan. Pada menit 79, Ronaldo mencetak gol kedua di laga ini sekaligus membawa Madrid unggul 3-1.

Manajer Real Madrid, Zinedine Zidane, menyatakan kepuasannya atas hasil ini. ”Itu sempurna. Itu adalah pertandingan besar bagi kami. Kami Kami memulainya dengan baik,” ujarnya seperti dilansir BBC.

Ia pun menyebut Ronaldo dan Gareth Bale merupakan pemain yang sangat brilian. “ Tapi seluruh tim bekerja keras, semua orang brilian dan itu adalah permainan yang luar biasa,” ucapnya.(jpg/dkw)