Beranda Berita Utama

Panda Raksasa Tiba Pagi Ini

BERBAGI

JAKARTA–Dua giant panda dari Tiongkok tiba di Indonesia pagi ini (28/9). Mereka dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia dari kampung halaman mereka di Chengdu.
Panda bernama Cai Tao dan Hu Chun berangkat dari Chengdu pukul 04.00 waktu setempat dan tiba di Indonesia pada 08.50 WIB.

Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Yulius H Suprihardo mengatakan, panda bernama Cai Tao dan Hu Chun itu akan disambut Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar dan Kuasa Usaha Sementara Kedutaan Besar RRT Sun Waide di Bandara Soekarno Hatta.”Akan ada acara penyambutan di bandara. Setelah itu, mereka akan langsung dibawa ke Taman Safari untuk dikarantina,” tutur Yulius kemarin (27/9).

Menurut Yulius, karantina dilakukan selama sebulan. Selama itu juga, dua panda tersebut belum bisa dikunjungi. Mereka nantinya bisa dilihat langsung oleh para pengunjung TSI Cisarua pada akhir Oktober atau awal November mendatang pada soft opening Rumah Panda.

Direktur Utama TSI Jansen Manansang mengatakan, untuk grand opening, rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping.
”Untuk kepastian waktunya, kami masih menunggu jadwal kunjungan dari Presiden Xi Jinping,” tutur Jansen.

Cai Tao dan Hu Chun akan ditempatkan di kandang khusus seluas 6-7 ribu meter persegi. Kandang tersebut disesuaikan dengan habitat giant panda di Tiongkok. Mulai suhu udara, hingga makanannya disesuaikan. Mereka tempatkan di kandang di tempat yang tinggi. Di sebuah bukit di area TSI Cisarua. ”Luasnya sekitar 5.000 hektare. Luas bangunannya hanya 6-7 ribu meter persegi. Sisanya ruang terbuka,” ungkap Jansen.

Menurut Jansen, kandang giant panda sengaja dibangun di tempat yang tinggi agar tem­peraturnya cocok dengan habitat asli mereka. Jansen mengatakan, di kandang giant panda di TSI Cisarua, suhu udara malam hari bisa mencapai 17 derajat. Se­mentara siangnya bisa 28 derajat. Suhu tersebut terbilang pas untuk giant panda.
”Di dalam kandang pun ada AC. Pokoknya ini kandang terbaik se-Asia Tenggara. Yang di Singa­pura saja kalah,” ucap dia.

Soal makanan, TSI Cisarua sudah menyiapkan hutan bambu dengan 63 jenis bambu di dalamnya. Sebanyak 29 jenis bambu yang ada di sana menjadi favorit para giant panda. Dan 10 di antaranya merupakan jenis bambu asli Indonesia. (and)

Komentar Anda