Beranda Berita Utama

Pelamar CPNS Andalkan Jimat

BERBAGI
ilustrasi jimat.

Pemerintah baru saja menutup lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan bahwa hingga lowongan gelombang II ini ditutup jumlah pelamar mencapai 1.295.925 orang.

Hal ini membuktikan bahwa PNS merupakan salah satu pekerjaan yang masih sangat diminati di Indonesia. Buktinya, hanya dalam kurun waktu sekitar 2 minggu, 11 September-26 September 2017, jumlah pelamar lebih dari 1 juta.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh para pelamar CPNS, agar bisa lolos seleksi tes kompetensi dasar (SKD) dengan computer assisted test (CAD BKN). Bukan hanya cara yang wajar, sejumlah pelamar juga ketahuan membawa jimat agar bisa lulus tes SKD CAT yang belum lama digelar.

Kasubag Hubungan Media dan Antar Lembaga BKN, Diah Eka Palupi, menyebutkan bahwa jimat yang dibawa dan dipakai oleh pelamar CPNS ini ditemukan di Kalimantan, Sulawesi, Yogyakarta, dan Palembang.

Meski jimat-jimat yang dibawa disita sebelum tes berlangsung, Diah mengatakan bahwa jimat tersebut langsung dikembalikan ke peserta begitu ujian selesai. “Selepas ujian semua jimat dikembalikan ke peserta,” tutur Diah.

Selain itu, Diah juga berpesan pada seluruh peserta yang hadir untuk tak memercayai jimat yang diklaim bisa membuat mereka lulus tes. “Pelamar D3/SMA CPNS 2017 jangan percaya dengan jimat. Percaya hanya pada Allah SWT, Tuhan YME dan yakin pada kemampuan diri,” tegasnya.(ric)

Baca Juga