25 radar bogor

Siswa SMAN 1 Bogor Wakili Jawa Barat dalam Zetizen Summit 2017

PENGALAMAN BARU: (Kiri atas) Bernica Al Fitri bersama Dhita Yoana, dua Alpha Zetizen perwakilan Jawa Barat asal Bogor, berpose di Graha Pena Jawa Pos Surabaya kemarin (25/9).
PENGALAMAN BARU: (Kiri atas) Bernica Al Fitri bersama Dhita Yoana, dua Alpha Zetizen perwakilan Jawa Barat asal Bogor, berpose di Graha Pena Jawa Pos Surabaya kemarin (25/9).

Sukses mengumpulkan lebih dari 23 ribu aksi positif, Zetizen National Challenge kembali digelar. Tahun ini aksi yang terkumpul hampir menyentuh 30 ribu. Setelah melalui seleksi ketat di 34 provinsi, lima perwakilan terbaiknya mendapat gelar Alpha Zetizen. Kemarin (25/9) sebanyak 170 Alpha Zetizen tersebut dipertemukan dalam Zetizen Summit 2017.

Sebelum memulai rangkaian acara, Alpha Zetizen 2017 dikumpulkan di Graha Pena Surabaya. Kedatangan mereka disambut penuh semangat oleh Masany Audri, direktur PT DBL Indonesia.

”Kalian adalah anak yang terpilih. Di sini kalian punya wadah untuk mengeksplor kreativitas dan mendapat pengalaman berharga,” sambutnya.

Meski agenda utama Zetizen Summit berupa sesi penjurian, tim Zetizen mengemas kegiatan tersebut menjadi sebuah pengalaman yang menye­nangkan. Alpha Zetizen menda­pat kesempatan berharga bisa merasakan company visit ke kantor pusat Jawa Pos (Grup Radar Bogor) di Surabaya.

Satu per satu peserta diajak masuk dan berkeliling ruang redaksi Jawa Pos, yang mendapat gelar World’s Coolest Newsroom versi World Newspaper Congress 2012. Mereka pun menyaksikan proses pengerjaan koran Jawa Pos, termasuk halaman Zetizen.Berasal dari 34 provinsi yang berbeda nggak membuat para peserta merasa asing satu sama lain.

Buktinya, ketika kunjungan berlangsung, para peserta sudah berhasil membaur dengan teman-teman barunya dari seluruh Indonesia. Mereka tak segan bertukar pengalaman dan cenderamata satu sama lain.

“Kita diajak langsung untuk melihat beberapa rangkaian proses produksi koran di Jawa Pos dan mengintip venue-venue DBL yang ikonik dengan olahraga basket,” ungkap Dhita Yoana, salah seorang Alpha Zetizen Bogor dari Universitas Indonesia.

Alpha Zetizen akan melanjutkan perjalanan ke ground camping yang dipersiapkan di Grand Whiz Trawas, Kab Mojokerto. Aktivitas seperti glamping, outbound, intimate night, hingga sesi penjurian telah menunggu. Nanti dipilih satu orang dari tiap-tiap provinsi untuk mendapatkan hadiah utama, yakni fun adventure trip ke New Zealand.

Selama di sana, para Alpha Zetizen dibagi kelompok tenda untuk melakukan tend decoration. Yang unik, mereka dikelompokkan dengan provinsi yang berbeda-beda untuk saling mengenal satu sama lain dari daerah yang berbeda. “Di sini kita benar-benar dituntut untuk mengasah kreativitas untuk menghias tenda. Seru juga konsepnya glamping,” tutur Bernica Al Fitri Rachman, Alpha Zetizen Bogor dari SMAN 1 Bogor.(wir/far/c9/fhr)