Beranda Pendidikan

Spensa Juara Tata Kelola Mutu Nasional

BERBAGI

BOGOR–Kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja berkualitas, dan kerja tuntas merupakan budaya 5 AS di SMPN 1 Bogor. Ternyata, budaya itu membuahkan prestasi gemilang. Tak hanya mencetak generasi muda berkualitas internasional, SMPN 1 Bogor atau dikenal Spensa ini juga meraih juara dua pada perlombaan tata kelola mutu nasional.

Kepala SMPN 1 Kota Bogor, Sri Sugiarti menjelaskan, perlombaan tersebut merupakan ajang perlombaan perkembangan dari lomba tata kelola BOS yang diadakan sebelumnya, mengingat tata kelola sekolah tidak hanya mengenai pengelelolaan keuangan. Oleh karena itu lomba tata kelola mutu nasional yang didasari penilaian delapan standar pendidikan itu diselenggarakan mulai 2017.

Sri menambahkan, perjuangan meraih juara dua ini merupakan upaya bersama melalui proses panjang. Dimulai seleksi yang diikuti 552 SMP se-Indonesia, kemudian terpilih menjadi 152 sekolah yang harus melalui dua tahap verifikasi, yaitu melalui tahap kunjungan langsung dan pemeriksaan administrasi. SMPN 1 atau Spensa Bogor masuk 103 finalis yang diundang ke Jakarta untuk presentasi pada 7-9 Agustus lalu.

“Alhamdulillah kami berhasil meraih juara dua lomba tata kelola mutu nasional, hal ini merupakan hasil dari budaya 5 AS yang kami terapkan dan menjadi komitmen seluruh warga sekolah, ditunjang dukungan dan kerja sama komite sekolah yang sangat solid dan nyata, dan disem­purnakan prestasi siswa didik kami,” ucap Sri.

Ditemui di waktu yang berbeda, Ketua Komite SMPN 1 Soekoco yang diwakili Dewi Puspasari selaku humas Komite SMPN 1 Bogor juga bersyukur atas prestasi yang diterima sekolah. Kata dia, komite sekolah selalu berusaha memberikan dukungan penuh kepada program sekolah yang bertujuan sebagai peningkatan mutu pendidikan dan melaksanakan fungsi komite sesuai dengan peraturan perundang-undangan.(ran/c)

Komentar Anda