Beranda Pendidikan

MKKS SMP Kabupaten Perkuat Sinergitas

SILATURAHMI: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor TB Lutfhi Syam (kiri) menghadiri acara Sinergitas Keluarga Besar MKKS SMP Kabupaten Bogor di Jungleland Sentul.

BOGOR–Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan akbar. Yakni, sinergitas keluarga besar MKKS SMP Kabupaten Bogor di Jungleland Sentul Bogor.
Ketua MKKS SMP Kabupaten Bogor, Al Gusri mengatakan, kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antarkepala sekolah sekaligus menyatukan visi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bogor agar menjadi yang terbaik di Indonesia.Tidak kurang dari dari 521 kepala SMP baik negeri maupun swasta hadir dalam acara tersebut.

Dibuka Kepala Dinas Kabu­paten Bogor, TB Luthfi Syam, ia mengharapkan terjadi sinergi antarkepala sekolah baik negeri maupun swasta untuk mening­katkan mutu pen­didikan di Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan tersebut, kadisik juga memaparkan capaian prestasi peserta didik SMP Kabupaten Bogor di 2017. Antara lain juara lomba sains tingkat nasional di Bengkulu dan juara lomba taekwondo inter­na­sional di Guangdong RRT.

Yang tidak kalah menarik adalah bahwa capaian prestasi tersebut diraih sekolah swasta. “Dengan demikian keberadaan sekolah swasta memiliki peran yang strategis dalam pembangu­nan pendidikan di Kabupaten Bogor, karena selain jumlahnya sangat banyak juga prestasinya cukup mem­bang­gakan,” bebernya.

Kebanggaan lain bagi insan pen­didikan di Kabupaten Bogor yang disampaikan Luthfi adalah salah seorang kepala SMPN di Kabupaten Bogor tahun ini terpilih menjadi kepala seko­lah internasional di Bang­kok, Thai­land. “Kepala sekolah tersebut adalah Bapak Olih dari SMPN 1 Cariu,” ungkap Luthfie.

Ia juga mendorong bagi para kepala sekolah untuk terus mening­katkan prestasinya, agar bisa mengi­kuti jejak teman-teman­nya yang sudah berhasil.
Di tempat yang sama, Presdir Jung­leland, Claudia juga mema­parkan bahwa kehadiran Jung­leland memiliki peran penting dalam mendukung program pendidikan.

Selain sebagai wahana rekreasi, kegiatan yang dimaksud antara lain pengembangan bakat seni rupa bagi anak sekolah, pelatihan pembutan film, dan teknik broadcasting. “Hasil karya peserta dari kegiatan pelatihan tersebut akan dipublikasikan Jungleland melalui galeri dan diunggah ke Youtube dalam room Jugleland. Sehingga bisa terpublikasi secara inter­nasional,” ungkap­nya kepada Radar Bogor.

Materi sinergitas diisi juga pihak bank bjb dan BPJS Kesehatan yang menawarkan produk dan jasa perbankan dan pelayanan kesehatan. Puncak acara dari kegiatan sinergitas adalah outbond yang digarap tim Jungleland.

Di tempat yang sama, Ketua pelak­sana acara, Oman Saidi­man mengatakan tema kegiatan tersebut yaitu Dengan Sinergitas Kita Wujudkan Pendidikan di Kabu­paten Bogor Menjadi Termaju di Indonesia. “Sedang­kan moto acaranya yaitu satu hati, satu jiwa, bersama kita bisa,” beber Oman.

Ia menam­bah­kan bahwa kegiatan ini ingin mempererat dan saling menge­tahui satu sama lain. Mengingat, selama ini masih banyak sekolah swasta tidak mengetahui bagian pemerinta­han, seperti Disdik dan lain sebagainya.(ran/c)

Baca Juga