Beranda Metropolis

Klaim Pasokan Air Kembali Normal

BOGOR – Setelah empat hari mengalami gangguan teknis akibat relokasi dan koneksi pipa PDAM Tirta Pakuan di area Tol Bocimi. Pelayanan air bersih kepada 14 ribu pelanggan di zona 1 kembali normal kemarin (24/9).

Sejak Sabtu (23/9) pagi, petugas Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan melaporkan bahwa air sudah mengalir di kompleks Perumahan Griya Katulampa dan Mutiara Bogor Raya (MBR). Sebagian daerah Tajur, Sukajaya, Muarasari, Babadak, dan Harjasari juga demikian. “Alhamdulillah, sudah mulai normal,” ujar Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Ade Syaban Maulana di kantor PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Dia berharap, daerah-daerah di dataran tinggi seperti Sindangrasa, Perumahan Teras Hijau, Villa Tajur, segera pulih dalam waktu dekat. “Petugas masih melakukan proses pemulihan jaringan, dengan membuang udara melalui wash out dan hydrant,” imbuh Ade.

Sementara terkait air keruh pada masa pemulihan jaringan, Ade menyebut hal tersebut terjadi karena efek Reservoir Rancamaya yang kosong saat pengerjaan relokasi. Saat air masuk ke reservoir, terjadi turbulensi di dalam bak penampungan raksasa itu dan terdorong masuk ke jaringan pipa distribusi.

“Ini (air keruh) saat awal-awal saja. Kalau sudah level Reservoir Rancamaya sudah normal, air akan kembali jernih. Kalau di rumah pelanggan ada yang keruh, silakan hubungi kami. Nantinya akan dilakukan pengurasan. Silakan hubungi petugas Call Center 24 jam kami di nomor 0251-8324111 atau WA di nomor 08111182123,” papar Ade.

Kendati berangsur-angsur pulih, pelayanan pasokan air bersih melalui tangki tetap berjalan. Petugas dari Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan dibantu pengemudi dari Sub Bagian Rumah Tangga terus memasok air bersih ke rumah-rumah pelanggan. “Kami kirim ke MBR, Tajur dan lain-lain. Karena memang masih ada beberapa wilayah yang belum normal,” tandasnya.(rp1/*)

Baca Juga