Beranda Metropolis

Hilangkan Kesan Gersang di Rumah Sakit

BERBAGI
KOMPAK: Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) bersama dengan pegawai RSUD Kota Bogor berkumpul bersama di sel-sela kegiatan tanam pohon di RSUD Kota Bogor, kemarin (24/9).

BOGOR–Minimnya pepohonan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, membuat tim Gerakan Tanam Pohon (GTP) Kota Bogor menjadikan rumah sakit yang berlokasi di Jalan dr Semeru itu sebagai target sasaran penanaman. Kemarin (24/9), bersama para pegawai RSUD Kota Bogor, sedikitnya 25 pohon yang ditanam GTP.

Salah satu inisiator GTP, Heri Cahyono mengatakan, lingkungan rumah sakit memang penting untuk ditanami tumbuhan hijau. Pasalnya, tempat tersebut banyak dihuni orang sakit yang membutuhkan kenyamanan. “Kalau misal dari depan sampai parkir ini dipenuhi oleh tanaman yang berbuah, tentu membuat pikiran orang yang sakit menjadi sehat,” ujarnya usai menanam pohon di halaman RSUD Kota Bogor.

Menurut wakil ketua DPRD Kota Bogor itu, dengan menanam beragam jenis pohon di beberapa titik area RSUD Kota Bogor, maka sedikitnya bisa menyehatkan pikiran penghuninya.

“Sebenarnya orang sehat itu karena pikiran. Dan kita ingin RS dipenuhi dengan pikiran sehat. Pikiran sehat itu diawali dari lingkungan yang sehat pula. Bisa ditopang oleh tanaman yang beragam. Coba lihat, kan di sini gersang sekali,” terangnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama RSUD Kota Bogor, Dewi Basalamah mengapresiasi gerakan tanam pohon yang dilakukan di lingkungan RSUD Kota Bogor. Sebanyak 25 pohon yang ditanam itu, menurutnya hanya sebagian kecil yang bakal ditanam di RSUD Kota Bogor.

“Belum cukup karena harus disesuaikan dengan master plan pembangunan. Takutnya, saat melakukan pembangunan atau alat berat masuk, pohon-pohon perlu ditebang atau dicabut. Kan sayang. Jadi, yang sudah kita tanam ini yang safety dan tidak akan kena dampak pembangunan,” ujarnya.(rp1/c)

Komentar Anda

Baca Juga