25 radar bogor

Indonesia dan Thailand Jadi Tuan Rumah

BALI–PSSI tidak rugi menjadi tuan rumah AFF (Asean Football Federation) Council Meeting yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, sejak 21 September lalu. Sebab, dari pertemuan tersebut, lahir dua keputusan penting yang sangat menguntungkan sepak bola Indonesia dalam pergaulan sepak bola Internasional.

Dua keputusan penting untuk Indonesia itu, adalah Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono ditunjuk sebagai Wakil Presiden AFF. Dia menggantikan posisi Teoh Chin Sim asal Singapura yang saat ini fokus menjadi salah satu anggota Executive Commitee (Exco) di Asian Football Confederation.

Sementara, keputusan kedua yang tidak kalah penting, adalah AFF secara resmi mendukung Indonesia dan Thailand untuk ikut dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Kedua negara yang memiliki atmosfer sepak bola terbesar di Asia Tenggara itu akan di-support secara habis-habisan oleh AFF untuk menjadi tuan rumah bersama.

”Saya menginformasikan suatu hal penting, bahwa tahun 2034, Indonesia dan Thailand resmi mengajukan diri sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia. Ide besar ini sudah disampaikan oleh PSSI kepada kami dan yang paling terpenting adalah PSSI sudah mendapat izin dari pemerintah Indonesia terkait hal ini,” kata Sekretaris Jenderal AFF Dato Sri Azzudin Ahmad.

Pria asal Malaysia itu lantas menunjukan surat dukungan dari pemerintah Indonesia yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Dalam surat yang diterbitkan pada Jumat, 22 September lalu itu, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membantu PSSI dan AFF untuk memaksimalkan ide dan gagasan besar mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Salah satu alasan Dato Sri Azzudin, Indonesia dan Thailand layak menjadi garda terdepan mewakili Asean untuk bidding tuan rumah Piala Dunia tersebut, karena kedua negara itu memiliki basis sepak bola paling besar.(ben)