Beranda Berita Utama

Airlangga Dorong SMAKBO Jadi Percontohan

BERBAGI
SIMBOLIS: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengucapkan selamat kepada peserta wisuda, kemarin.(Sofyan/ Radar Bogor)

BOGOR–Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO) diharapkan menjadi percontohan atau role model bagi lembaga pendidikan lain terkait lulusannya yang telah terserap oleh dunia usaha industri.

Hal tersebut, disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat Wisuda SMAKBO Angkatan ke-59, kemarin (23/9). Menurutnya, saat ini pemerintah sedang gencar menjalankan program revitalisasi SMK.

Menurut dia, sekolah kejuruan di berbagai daerah yang terpilih dalam program tersebut menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan agar materi yang diberikan dalam pembelajaran sejalan dengan apa yang dibutuhkan.

“Tentu hal itu telah dijalankan di SMAKBO, terbukti tiap tahun lulusannya bisa menjalankan hal penting tersebut,” kata Airlangga.
Lebih lanjut ia mengatakan, salah satunya selama kurang enam bulan, lulusan telah 100 persen diserap berbagai perusahaan atau dunia usaha industri.

“Ini yang sedang menjadi target dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016, yaitu revitalisasi SMK, sehingga SMK harus memiliki kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan perusahaan agar lulusannya mudah diterima mereka. Sedangkan ini sudah dilakukan oleh SMAKBO,” ungkapnya.

Kepala SMAKBO Dwika Riandari menjelaskan, tahun ini meluluskan 250 siswa yang kurang lebih sekitar 99 persen telah terserap dunia usaha industri.

“Mereka sebenarnya kelulu­san sejak Mei lalu. Makanya kami melakukan kegiatan wisuda saat ini, karena kami ingin memperlihatkan lulusan kami telah terserap kurang lebih enam bulan setelah mereka lulus. Itu kan menjadi syarat atau poin penting untuk kami sebagai sekolah binaan Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian RI,” tegas Dwika.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga