Beranda Nasional

50 TKI Ilegal Ditangkap

BERBAGI
FOTO: Kapten Mulyadi Lanal Batam untuk Batam Pos

BATAM-Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) 4 Lanal Batam me­ngam­ankan speed boat tanpa nama bermesin Yamaha 250 PK 3 unit yang membawa 50 TKI ilegal dari Malaysia, di perairan Lagoi, Bintan pukul 09.45 WIB, Sabtu (23/9).

Komandan Pangkalan TNI AL Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo mengatakan, penangkapan berawal atas informasi yang diterima Unit Intel Lanal Batam dari masyarakat, bahwa akan masuk TKI ilegal dari Malaysia tujuan Batam yang diduga membawa narkoba.

Atas perintah Dan­lanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, tim WFQR 4 Lanal Batam dipimpin oleh Pasintel Lanal Batam Mayor Laut (P) Wijoyo melak­sanakan penyekatan terhadap jalur masuk menuju wilayah Batam dengan Patkamla Sea Rider 1 Lanal Batam.

Berdasarkan informasi tersebut, speed boat pembawa TKI ilegal mengalami habis bahan bakar, sehingga kepulangan ke Batam tertunda. Namun pada saat tim WFQR melaksanakan penyekatan, mencurigai adanya speed yang melaju ke arah Malaysia dengan muatan jeriken berisi bahan bakar sehingga me­nimbulkan kecurigaan.

Selanjutnya, tim melaksa­nakan penyekatan mendekati perbatasan dan mendeteksi secara visual mencurigai adanya speed boat yang melaju dari perairan Malaysia dengan kecepatan tinggi menuju perairan Batam. “Tim WFQR 4 Lanal Batam pun mengejar speed boat yang berusaha melarikan diri terse­but,” ujar Ivong.

Tepat di perairan Lagoi Bintan, speed boat berhasil dihentikan hingga dilaksanakan pemeriksaan terhadap speed dan penumpangnya. “Ternyata speed tersebut membawa penumpang TKI tanpa dokumen dan alat keselamatan yang memadai,” terangnya. Ia menambahkan, speed boat itu merupakan salah satu target operasi (TO) tim WFQR 4 Lanal Batam.(nji)

Baca Juga