Beranda Olahraga Arena
BERBAGI
Start TERDEPAN: Vinales meraih pole dalam sesi kualifikasi MotoGP Aragon di atas Valentino Rossi dan Mar Marquez.

ARAGON–Kekuatan apa yang sedang merasuki tubuh Valentino Rossi? Belum habis decak kagum karena recovery cedera patah tulang kaki yang tergolong cepat di usianya yang sudah 38 tahun, dia tampil luar biasa di sesi kualifikasi MotoGP Aragon kemarin.

Ya, hanya berselang 23 hari setelah patah kaki kanan akibat kecelakaan saat berlatih dengan motor Enduro, The Doctor sudah tampil kesetanan di atas Yamaha YZR-M1. Pada kualifikasi tadi malam, Rossi berhasil mengamankan posisi start di baris terdepan untuk balapan nanti malam. Bahkan, nyaris menyabet pole position.

Rossi sudah menunjukkan tren positif di sesi latihan hari kedua kemarin. Pada latihan hari pertama, saat hujan menggenangi lintasan, baik Rossi dan rekan satu timnya di Movistar Yamaha Maverick Vinales tampil amburadul. Selalu gagal mencapai performa terbaik pada motornya, mereka selalu gagal finis 10 besar rider tercepat. Situasi tersebut cukup mengkhawatirkan karena jika pada latihan hari kedua, Rossi dan Vinales gagal masuk 10 besar mereka harus melewati seleksi di sesi kualifikasi pertama (Q1) terlebih dahulu sebelum bisa bersaing di Q2.

Namun di pada latihan hari kedua, saat cuaca cerah, Yamaha langsung menggeberak. Rossi finis di posisi 10 di FP3. Sedangkan Vinales hanya kalah dari jagoan Repsol Honda Marc Marquez, yang menguasai sesi latihan hari pertama. Pada FP4 jelang sesi kualifikasi, Vinales menjadi yang tercepat di depan duo Repsol Hon­da, Marquez dan Daniel Pedrosa. Sementara Rossi finis di posisi 16. Tapi hasil FP4 sudah tak berpengaruh lagi, karena yang menentukan hasil akhir di FP3.

Rossi agak lama panas saat memulai sesi Q2. Cukup lama dia menyiapkan diri dan mental sebelum keluar dari garasi. Berbeda dengan Marquez yang langsung ganas mencatat waktu tercepat. Pada Lap 1 Marquez mencatat waktu 1 menit 48,438 detik. Kemudian mena­jamkannya di Lap 2 dengan menembus barikade 1 menit 48 detik. Catatan waktunya 1 menit 47,963 detik.

Satu-satunya rider yang mampu mendekati catatan waktu Rossi adalah Vinales dengan 1 menit 48,142 detik. Para rider kemudian masuk ke pit untuk mengganti ban baru.(cak/ady)

Komentar Anda