Beranda Nasional

Giliran Bekasi Diaspal Plastik

BERBAGI

 

UJICOBA : Pemerintah terus mengembangan aspal plastik.

BEKASI–Percobaan peng­gunaan aspal plastik di Indonesia kembali dilakukan di Bekasi, kemarin (16/9). Jalan sepanjang 3 kilometer dilapisi kembali aspal plastik. Sebelumnya, pada Juli lalu, di Bali penggunaan aspal bercampur plastik sudah dilaksanakan.

Namun, aktivitas pengaspalan di Jalan Sultan Agung, Bekasi, kemarin sempat menimbulkan kemacetan panjang. Dalam kegiatan tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Kemenkomaritim Luhut Binsar Panjaitan turut meninjau. Mereka ingin melihat bagaimana penerapan aspal plastik di jalan nasional tersebut.

Di Jalan Sultan Agung tersebut terdiri dari empat lajur. Dari setiap lanjur memiliki lebar sekitar tujuh meter yang dilapisi aspal setebal lima hingga tujuh sentimeter.

Kepala Pusjatan Deded Permadi Sjamsudin mengatakan jika pemilihan Jalan Sultan Agung di Bekasi lantaran jalan tersebut memiliki lalu lintas yang cukup padat.

”Kemarin di Bali diterapkan di jalan universitas yang sepi, kini akan dilihat kembali di jalan yang cukup padat,” tuturnya.
Setelah di Bekasi, uji coba juga akan dilakukan di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Rest area di ruas tol Tangerang-Merak pun rencananya juga akan jadi tempat uji coba. Deded menjelaskan jika uji coba ini akan dipantau selama setahun ke depan.(jp)

 

Baca Juga