Beranda Metropolis

Baksos di Wilayah Termiskin

DIALOG: Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya berdialog dengan warga yang memeriksakan kesehatannya di Kelurahan Genteng, kemarin (14/9). foto:nelvi/radar bogor

BOGOR–Melakukan pendekatan kepada masya­rakat tidak melulu dilakukan polisi saat di kantor maupun di jalan. Dalam rangka HUT ke-62 Polisi Lalu Lintas (Polantas), Polresta Bogor Kota merangkul masyarakat dengan cara bakti sosial (baksos) berupa pengobatan gratis. Seperti yang dilakukan di kantor Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, kemarin pagi (14/9).

Kapolresta Bogor Kota Kombes Ulung Sampurna Jaya menga­takan, kegiatan tersebut bukti kepedulian polisi kepada masyarakat. Jadi, tidak hanya di bidang kamtibmas, pihaknya juga mendukung program Pemkot Bogor mengenai hidup sehat di masyarakat.

“Harapannya, lebih mendekat­kan antara polisi dengan masya­rakat. Agar masyarakat juga makin percaya kepada polisi,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Bramastyo Priaji mene­ra­ngkan, sekitar 100 masya­rakat Genteng terlibat dalam kegiatan pengobatan gratis ini. “Kami sengaja mela­kukan kegiatan ini di pinggiran Kota Bogor, kerena berdasarkan hasil survei, Kelurahan Genteng masih banyak masyarakat miskin,” imbuhnya.

Di hari jadi ke-62 Polantas, menurut dia, bisa sebagai pemacu semangat satuannya meningkatkan kinerja. Sebab, Bram –sapaan akrabnya– menga­nggap, semakin bertam­bah usia, maka sudah semestinya profesionalitas polantas lebih meningkat. “Mulai dari penga­turan penjagaan pengawalan dan patroli hingga pelayanan di bidang regiden. Kemudian penanganan laka lantas, pem­berian diknas lantas, ataupun kegiatan lain mulai tingkat korlantas hingga satlantas,” paparnya.

Ruas jalan di Kota Bogor, menurutnya, memang terbilang banyak memiliki titik hambatan. Untuk itu, perlu banyak pula personel yang dilibatkan dalam menanganinya. Maka, ia menyi­asatinya dengan mempererat koordinasi dengan berbagai instansi terkait. “Bisa dari Den­pom, Dishub, Satpol PP, dan satuan-satuan lainnya,” tandasnya.(rp1/c)

Baca Juga