Beranda Ekonomi

Peluang Bisnis dari yang Tak Lagi Miskin

BERBAGI
BAGI ILMU: Dahlan Iskan berbagi gagasan dalam Belajar Bisnis Bareng Dahlan di Graha Pena Surabaya pada Sabtu (9/9).

SURABAYA– Banyak orang yang terentaskan dari garis kemiskinan meskipun regulasi dan kondisi kurang mendukung. Mereka adalah peluang bisnis yang akan memaksa ekonomi bisa maju.

Di depan puluhan pengusaha dari berbagai daerah di Indonesia, Dahlan Iskan membuka rahasia agar bisnis bisa terus bertahan dan berjalan dalam Belajar Bisnis Bareng Dahlan di ruang Semanggi, Graha Pena Surabaya, Sabtu (9/9).

Diskusi tersebut diselenggarakan Indonesia Marketing Association Chapter Surabaya bekerja sama dengan Jawa Pos. Dia mengatakan, hasil pembangunan sejak zaman Soeharto sampai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengangkat 120 juta jiwa menjadi tidak lagi miskin.

”Saya tidak mengatakan mereka kaya, tapi tidak miskin. Tidak perlu menggunakan teori-teori ekonomi yang ruwet untuk mengukurnya,’’ jelas Dahlan. Cukup melihat beberapa parameter simpel. Di antaranya, saat ini mereka tidak perlu memikirkan apa yang akan dimakan bulan depan.

Saat hari raya tahun depan, bisa beli baju atau tidak. Dahlan menegaskan, Indonesia akan semakin maju karena 120 juta jiwa yang tidak lagi miskin itu tidak bisa distop dalam berkembang. Mereka juga akan menyeret 140 juta jiwa yang masih miskin atau sangat miskin.

Dalam lima tahun ke depan, jumlah penduduk yang tidak lagi miskin bisa bertambah menjadi 130 juta jiwa. Nah, 120 juta jiwa itu, menurut Dahlan, adalah potensi pasar. Merekalah yang akan membuat Indonesia terus maju.

Dahlan mencontohkan, 100 juta jiwa dari 120 juta tersebut merupakan muslim. Karena itulah, perdagangan pakaian muslim tumbuh dengan pesat. (eko/c19/sof)

Komentar Anda