Beranda Metropolis

Menang Azan Diganjar Umrah

BERBAGI

BOGOR – Meski keberadaannya jarang dilirik, para muazin di Kota Bogor kini dicari. Pasalnya, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitur Ridwan tengah membuka pendaftaran bagi muazin di seluruh DKM Bogor. Pemenang lomba azan akan diganjar dengan hadiah pergi umrah.

Ketua DKM Baitur Ridwan, Firman Sidik mengatakan, pelaksanaan lomba ini berkaitan dengan menyambut tahun baru 1439 Hijriah serta milad kedua Masjid Baitur Ridwan. Bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, pihaknya bakal memilih muazin bersuara merdu.

“Saat ini kita kadang tidak terlalu memperhatikan merdu atau tidaknya suara azan. Padahal, azan sangat penting sebagai panggilan waktu salat. Setelah lomba azan ini, ke depannya kami juga akan melaksanakan pembinaan terhadap muazin-muazin di Kota dan Kabupaten Bogor,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin (11/9).

Sementara itu, Ketua panitia lomba azan, Ustaz Lukman Hakim menerangkan, kegiatan lomba azan akan digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 21–22 September di Masjid Baitur Ridwan. Nantinya, ada beberapa kategori penilaian, antara lain tajwid, pasohah, nagmah (lagu), serta adab.

Pihaknya menargetkan sebanyak 100 peserta. Sementara, hingga kemarin (11/9) baru ada sebanyak 80 muazin yang mendaftar. “Masing-masing muazin rekomendasi dari DKM setempat. Minimal satu DKM, dua peserta. Irama sesuai dengan thoriqoh yang berlaku, dan bagi peserta yang sudah daftar tetapi belum mengambil nomor, panitia masih memberikan kesempatan selama satu minggu ke depan sebelum dilaksanakannya acara,” tandasnya.(rp1/c)

Baca Juga