Beranda Metropolis

Pemkot tak Kebagian Jatah PNS

BERBAGI

BOGOR–Sejumlah kementerian membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran. Setidaknya dalam penerimaaan CPNS tersebut mencapai ribuan orang. Namun sayangnya, penerimaan CPNS tersebut hanya diperuntukkan untuk kementerian, tidak untuk pemerintah daerah yang mayoritas kekurangan PNS.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKP-SDA) Kota Bogor, Fetty Qondarsyah, pembukaan CPNS tersebut memang hanya diperuntukkan untuk kementerian dan tidak untuk Pemkot Bogor.

“Kami selalu mengajukan kebutuhan pegawai kepada pemerintah pusat, karena kami memang masih kurang cukup banyak. Tetapi, kami maksimalkan kekurangan tersebut dengan pegawai yang ada,” kata Fetty.

Dia memaparkan, pemkot setidaknya kekurangan 3.690 PNS. Sejauh ini, jumlah PNS Kota Hujan hanya mencapai 7.626. Apalagi, jumlah ini semakin berkurang karena setiap tahun ada sekitar 200 PNS yang pensiun. “Sedangkan, Pemkot Bogor sendiri tidak bisa mengangkat PNS dikarenakan belum ada pengaturan tentang pengangkatan dari pusat untuk pemerintah daerah,” urainya.

Kekurangan 3.690 PNS, menurut Fetty, berdasarkan evaluasi dan analisis jabatan kebutuhan PNS di tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD). “Evaluasi dan analisis jabatan sekarang masih berproses. Untuk kebutuhan PNS mayoritas berada di lingkungan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Formasi pada BKP-SDA Kota Bogor, Hidayatullah menjelaskan, untuk tahun ini belum ada penerimaan PNS bagi pemerintah daerah. Sehingga, setiap daerah tidak menda­patkan PNS baru, walau kekurangan di Kota Bogor sendiri cukup banyak. “Pene­rimaan itu hanya untuk di kementerian, dan pe­nempatannya pun nantinya di kementerian bukan di daerah,” paparnya.

Hidayatullah mengaku tidak mengetahui kapan Kota Bogor akan diberikan tambahan PNS. Meski, setiap tahun pihaknya selalu memberikan formasi kebutuhan PNS di Kota Bogor. “Semuanya tergantung pemerin­tah pusat,” kata dia. (wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga