Beranda Berita Utama

Festival Bogor Kreatif Peringati HUT Koperasi, Kenalkan Produk Asli Daerah

BERBAGI
CINTA PRODUK LOKAL: Pengunjung memadati Festival Bogor Kreatif 2017 yang merupakan rangkaian HUT ke-70 Koperasi di halaman Gedung Kesenian dan Olahraga, Kabupaten Bogor, kemarin (9/9).jaenal/ radar bogor

CIBINONG–Berbagai penampilan ditunjukan peserta Festival Bogor Kreatif 2017 dengan tema Bogor Got Talent di halaman Gedung Kesenian dan Olahraga, Cibinong, kemarin (9/9). Festival Bogor Kreatif merupakan rangkian HUT ke-70 Koperasi yang sebelumnya dibuka Bupati Bogor Nurhayanti. Sebanyak 40 tenant dari berbagai produk ikut serta memeriahkan HUT yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor tersebut.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Perizinan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Engkus Sodikin mengatakan, Festival Bogor Got Talent diikuti peserta yang berasal dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum.

Total ada 20 peserta mulai pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya. Bogor Got Talent yang baru pertama kali digelar ini, menurut Engkus, bertujuan untuk menunjukkan bakat dan eksplorisasi yang ada. Ia mengaku, para peserta Bogor Got Talent ini mengikuti beberapa penyeleksian.

Tidak hanya kehadiran talent saja, pihaknya juga memperkenalkan produk asli UMKM di setiap kecamatan. “Sebanyak 40 tenant dari berbagai produk makanan, kerajinan UMKM dari masing–masing kecamatan dalam memeriahkan HUT ke-70 Koperasi ini,” tukasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, kegiatan ini berlangsung sampai hari ini, Minggu (10/9). Karena, adanya festival, minimal produk asli Bogor bisa langsung dinikmati masyarakat dan dikenal keluar daerah. “Sehingga bisa bersaing dengan produk impor,” tutupnya.

Sebelumnya, Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, HKN harus dijadikan momentum mendeteksi kekurangan dan kendala yang menghambat pertumbuhan koperasi. Sebab, HKN merupakan komitmen perwujudan bersama meningkatkan koperasi.

“Harus segera dirancang langkah-langkah dan program lanjutan yang efektif, serta tepat sasaran guna menghidupkan potensi gerakan koperasi secara lebih intensif, berkelanjutan dan berkesinambungan,” ujarnya.

Pemerintah pusat, kata Nurhayanti, memiliki program Gerakan Kewirausahaan Nasional yang menjadi pro­gram unggulan di Kabupaten Bogor. Program ini mendorong keberlanjutan program yang berkaitan dengan penataan dan pengembangan koperasi.(nal/c)

Komentar Anda