Beranda Ekonomi

Mayoritas ATM Mulai Pulih

BERBAGI

JAKARTA–ATM bank-bank besar yang sempat offline gara-gara masalah pada satelit Telkom 1 mulai pulih. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat, hingga kemarin (8/9) yang telah dipulihkan sekitar 3.700 ATM.

Jumlah ATM BCA yang offline tadinya mencapai 5.700 ATM atau yang paling banyak di antara ATM bank-bank besar lainnya. BCA pun telah memindahkan jaringan dari satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 3S dan Apstar 5.

Corporate Secretary BCA Jan Hendra menyatakan, tantangan yang dihadapi perseroan adalah lokasi ATM yang perlu dikunjungi satu per satu. ’’Setiap lokasi bisa memiliki tantangan yang berbeda karena antena perlu diarahkan ke satelit lainnya. Makanya, kami masih memiliki ATM yang offline sampai saat ini,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, tim BCA di lapangan saat ini bekerja keras agar masalah ATM offline bisa segera selesai. Dia pun berharap masyarakat dapat memaklumi kondisi ATM BCA saat ini. Adapun layanan di kantor kas BCA sudah kembali normal.

Sementara itu, ATM milik bank-bank BUMN sudah 100 persen online. Sebut saja ATM BNI yang kembali normal sejak Kamis (7/9). ATM BNI yang offline tadinya tercatat 1.151 ATM. Di lain pihak, Bank Mandiri juga telah berhasil memulihkan 2.000 ATM yang terdampak sejak 7 September lalu.

Bank BUMN lainnya, BTN, juga telah memulihkan 160 ATM-nya yang offline. ’’Pemulihan itu sejak Kamis (7/9),’’ tutur Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono. Direktur Digital PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Indra Utoyo menyatakan, ATM BRI pulih sejak Senin (4/9).(rin/c15/sof)

Komentar Anda