Beranda Ekonomi

Astra Ventura Naikkan Level UKM

BERBAGI

CILEUNGSI-PT Astra Mitra Ventura (Astra Ventura), salah satu anak perusahaan Grup Astra yang bergerak di bidang jasa keuangan modal ventura, mengadakan kunjungan lapangan (genba) ke usaha kecil menengah (UKM).

Kunjungan ke manufaktur komponen otomotif mitra usaha Astra Ventura, yakni PT Laksana Tekhnik Makmur (LTM) dan PT Rekadaya Kreasi Indonesia (RKI). Kedua UKM tersebut bergerak di sektor industri manufaktur.

Presiden Direktur Astra Ventura, Jefri R Sirait me­ngatakan, menjadi next level adalah goal dari tiap UKM. Caranya dengan terus mela­kukan inovasi dan sinergi. Dia berharap UKM memiliki pertumbuhan sehingga bisa naik kelas dari kecil ke menengah, ataupun bahkan dari menengah ke besar.

“Melalui program pengem­bangan serta pelatihan-pela­tihan yang meningkatkan kom­petensi dapat me­ning­katkan pertumbuhan mereka,” kata Jefri R Sirait kepada Radar Bogor, kemarin. Tapi tidak cukup hanya dengan inovasi, mereka perlu bersinergi dengan seluruh roda peng­gerak industri seperti pemerin­tah dan instansi terkait.

Menurut Jefri, genba tahun ini berbeda dengan genba sebelumnya. Astra Ventura mengundang para direksi dan eksekutif Grup Astra dari lini bisnis selain otomotif, infra­struktur dan yayasan, dengan harapan dapat membuka sinergi yang nantinya mem­berikan peluang pasar serta peningkatan kompetensi bagi mitra usaha. “Kami perte­mukan para UKM dengan agen pemegang merek oto­motif dan lini bisnis Astra lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Rekadaya Kreasi Indo­nesia (RKI), Farri Aditya ber­harap, dengan menjadi mitra usaha Astra Ventura pada 2014, RKI dapat pendam­pingan lebih dalam pada sisi pe­ngem­bangan human resource, sehingga dapat levera­ge produk yang mereka buat.

“Setelah mendapat pengem­bangan dan pelatihan, kami menjadi inisiator dan penemu Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk komponen peredam suara berbahan dasar tekstil,” ujarnya.

Sedangkan PT Laksana Tekh­nik Makmur sejak men­jadi mitra usaha Astra Ventura dan menjadi binaan YDBA telah naik kelas dari UKM kecil ke menengah. Inisiator dan penemu SNI pere­dam suara tekstil.(mer/c)

Komentar Anda