Beranda Berita Utama

RI-Singapura Kerja Sama Ekonomi Digital

BERBAGI
WEFIE: Presiden Jokowi dan PM SIngapura Lee Hsien Loong di Singapore Botanic Garden, Kamis (7/9).FOTO : SETPRES

SINGAPURA–Wefie menjadi aktivitas wajib saat Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong kemarin. Kali ini, Lee bertindak sebagai tuan rumah dalam kunjungan kene­garaan itu. Keduanya mem­peringati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura.

Dalam pertemuan bilateral, keduanya sepakat mengem­bangkan kerja sama ekonomi digital. ’’Kerja sama ekonomi digital bukan lagi merupakan opsi, namun sebuah keniscayaan. Ini akan menjadi prioritas bagi Indonesia dan Singapura,’’ terang Jokowi dalam sesi joint press statement.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jokowi menyebut Batam sebagai lokasi ideal untuk pengembangan ekonomi digital. Sudah ada sejumlah rencana untuk men­du­kung kerja sama tersebut. Di antaranya, pengembangan digital park cluster di Nongsa, Batam, dan pembangunan start-up incubator. Juga, program training for trainers baik untuk pekerja IT maupun para dosen.

Kedua pemimpin juga menye­pakati kerja sama bidang pariwisata. Baik Singapura maupun Indonesia memiliki destinasi wisata terbaik yang potensial mendatangkan turis dalam jumlah besar. Beberapa kerja sama yang disepakati adalah joint destination, pembangunan dermaga kapal pesiar termasuk pengoperasian kapal pesiar, dan pengembangan event pariwisata.(byu)

Komentar Anda