25 radar bogor

Mahasiswa IPB Ciptakan Biskuit Ikan Lele Pencegah Alzheimer

TETAP SEMANGAT: Mahasiswa IPB membuat biskuit yang dikombinasikan dengan minyak ikan lele untuk mencegah Alzheimer pada lansia. Fiveprime
TETAP SEMANGAT: Mahasiswa IPB membuat biskuit yang dikombinasikan dengan minyak ikan lele untuk mencegah Alzheimer pada lansia. Fiveprime

Biskuit dan ikan lele jamaknya dijadikan lauk untuk makanan ringan dan berat. Namun, di tangan mahasiswa dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB, dua penganan ini digunakan sebagai pencegah Alzheimer. Seperti apa?

Laporan: Wilda Wijayanti

Adalah Nunung Cipta Dainy, Clara Meliyanti Kusharto, Siti Madanijah dan Martina Wiwie Setiawan Nasrun yang konsen pada masalah lanjut usia (lansia) di Indonesia. Keempat mahasiswa IPB ini melihat mayoritas lansia menderita demensia atau pikun.

Namun, setelah dilihat, ternyata sebanyak 50-70 persen dari semua kasus demensia disebabkan oleh penyakit Alzheimer. “Makanya, diperlukan berbagai upaya untuk menekan terjadinya Alzheimer yang tidak hanya ditujukan bagi lansia tapi juga bagi pralansia,” ujar Clara.

Dia menjelaskan salah satu faktor risiko yang menyebabkan demensia adalah dislipidemia. Dikatakannya, gaya hidup merupakan faktor risiko penurunan kognitif yang dapat diantisipasi dengan mencegah terjadinya dislipidemia pada lansia.

Salah satu upaya pencegahan adalah dari diet atau pola makan. “Pemberian biskuit dan minyak ikan lele dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut,” katanya.

Masih kata Clara, biskuit ikan lele mempunyai kandungan yang berbeda dengan biskuit lainnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian biskuit dan minyak ikan lele mampu memperbaiki profil lipid dan mempertahankan fungsi kognitif lansia.

“Penurunan fungsi kognitif dapat dicegah dengan memperbaiki kecukupan energi, protein dan menambah asupan asam lemak essensial. Hasil penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan status gizi lansia,” tandasnya.(*/c)