Beranda Female

Mencoba Menghapus Stigma Berhenti tanya Kapan

Banyak stigma di masyarakat kita tentang perempuan. Mereka yang memilih melajang di usia matang bakal dikejar pertanyaan kapan nikah. Yang sudah menikah diburu pertanyaan kapan punya anak. Sudah punya satu anak ditanya kapan punya anak kedua. Tampilan fisik juga tak luput. Yang gendut ditanya kapan langsing. Yang kurus ditanya kok nggak gendut-gendut. Never-ending stories.

Ganti Doa Saja, ya!

DELLA Yuanita kenyang dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kapan punya anak. Dia pun bisa merasakan mana yang benar-benar tulus bertanya atau hanya untuk memuaskan keingintahuan. Dia juga akan tahu kalau pertanyaan itu hanya bagian dari kenyinyiran.

Dulu menghadapi pertanyaan itu tak jarang bikin sedih. Sekali dijawab, makin dicecar pertanyaan dan kata-kata yang terkesan menghakimi. ”Bahkan, ada orang yang setiap ketemu selalu menanyakan hal itu,” kata Della.

Tapi, dukungan suami dan keluarga menguatkan dia. Juga teman-teman komunitas. Sekarang dia lebih berani mengungkapkan rasa tidak nyaman. ”Maaf, pertanyaannya nggak sopan. Dan kita berhak menjawab seperti itu,” ujar perempuan 34 tahun tersebut.

Dia tergabung dalam komunitas Aku Ingin Hamil (AIH) region Jogjakarta yang pada 2013 menjadi salah satu pemenang Jawa Pos For Her Active & Pro-Active Community Competition.

Sikap tegas itu dirasakan ampuh untuk menangkal hujan pertanyaan yang membuat suasana hati menjadi tidak enak tersebut. Anak, rezeki, dan maut adalah rahasia Tuhan. Yang bisa dilakukan manusia hanya berikhtiar. Terkadang dia agak tricky ketika yang bertanya demikian adalah orang sepuh. Harus lebih bijak meresponsnya. ”Biasanya saya sampaikan mohon doanya,” katanya.

Pada tahun ketujuh pernikahan, Della menyatakan rehat dari program hamil. Dia berfokus pada kesehatan diri. ”Saya lagi nerapin diet kenyang Hughes,” kata Della, menyebut presenter Dewi Hughes yang berhasil menurunkan berat badan sebanyak 75 kilogram.

Della tidak mengonsumsi nasi, mengurangi makan daging dan unggas, serta memperbanyak asupan buah, sayur, dan ikan. Dalam sebulan, berat Della turun 6 kilogram. ”Tujuannya sehat sambil terus berdoa dan berusaha,” ucapnya.

Untuk mereka yang biasa bertanya kapan punya anak kepada pasangan yang belum dikaruniai momongan, Della punya pesan. ”Daripada tanya gitu, mending ganti saja dengan doa supaya kami bisa segera punya anak. Atau boleh berbagi saran, misal program A dengan dokter A, atau tip menjaga kesehatan, jenis makanan yang diperlukan tubuh, dan lain-lain,” ujar Della.(nor/c11/ayi)

Baca Juga