Beranda Ekonomi

Mesin ATM BRI Kembali Beroperasi

BERBAGI
KEMBALI NORMAL: Seorang nasabah bertransaksi di ATM BRI Giant
Yasmin

BOGOR–Jebolnya Satelit Telkom 1 akhir pekan lalu, membuat ribuan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan ratusan kantor kas bank tidak bisa beroperasi seperti biasanya. Kini, secara bertahap, masing-masing bank mulai melakukan berbagai hal untuk mengembalikan fungsi ATM dan kantor kas atau kantor unit yang mengalami gangguan. Salah satunya, Bank BRI Cabang Bogor.

Branch Manager BRI Dewi Sartika, Edi Prawaskito mengatakan, sejak awal pekan lalu ATM dan kantor kas nasional, termasuk di area Bogor, sudah dapat beroperasi dan melayani nasabah. ”ATM BRI, kantor kas, secara nasional sudah normal seperti biasa,” kata Edi kepada Radar Bogor kemarin (5/9).

Secara nasional, jumlah ATM BRI yang terganggu cukup sedikit. Dari jumlah total ATM 22 ribu, hanya 300 unit yang terganggu. Sedangkan di area Bogor, ATM yang tidak dapat digunakan hanya empat unit dari total sekitar 170 ATM. Kantor unit BRI area Bogor yang terganggu hanya satu unit dan saat ini sudah beroperasi.

“Untuk mengatasi masalah gangguan ATM, kami menggunakan modem mikrotik. Ke depannya secara bertahap, ATM dan kantor unit atau kas BRI akan menggunakan jaringan BRISAT, jaringan milik BRI,” tuturnya.

PT BRI Tbk menargetkan proses perpindahan atau migrasi jaringan mesin ATM dan layanan perbankan yang menggunakan VSAT ke jaringan lain akan tuntas pada Mei 2018 mendatang. Nantinya, kalau sudah migrasi dilakukan, semua layanan perbankan di BRI akan menggunakan BRISAT secara penuh.(mer/c)

 

Baca Juga