Beranda Berita Utama

Korut Siapkan Kejutan untuk AS

BERBAGI

JENEWA–Korea Utara (Korut) belum akan berhenti membuat dunia cemas. Tembakan rudal Hwasong-12 yang sempat memicu alarm bahaya Jepang karena melintasi Pulau Hokkaido hanyalah awal.

Demikian juga uji coba bom hidrogen alias termonuklir di fasilitas nuklir Punggye-ri yang diklaim sebagai sebuah kesuksesan. Kemarin (5/9) dalam Con­ference on Disarmament di Kota Jenewa, Swiss, Korut mengaku masih punya banyak kejutan lain.

Han Tae-song, duta besar Korut untuk Swiss, menyebut rangkaian kejutan yang dipersiapkan rezim Kim Jong-un itu sebagai paket hadiah untuk Amerika Serikat (AS). ”Serangkaian mekanisme bela diri yang baru saja negara kami luncurkan adalah paket hadiah untuk AS, bukan yang lain,” katanya.

Han juga menyatakan bahwa Korut masih punya banyak hadiah yang lain untuk Negeri Paman Sam. ”AS akan mendapatkan lebih banyak hadiah selama mereka masih melanjutkan provokasi dan tekanan terhadap DPRK (nama resmi Korut),” ungkapnya tanpa menyebut hadiah apa yang dimaksud. Soal penembakan Hwasong-12 dan uji coba nuklir ke-6 yang memantik amarah dunia, Han justru mengaku bangga pada negerinya.

Di hadapan perwakilan diplo­matik AS dan negara-negara PBB yang lain, Han menegaskan bahwa ancaman dan sanksi atau gertakan tidak akan mem­buat ciut nyali Korut. Rezim Jong-un, me­nurut dia, tidak mem­pan di­ancam atau disanksi. ”Dalam kondisi apa pun, DPRK (Korut) tidak akan pernah mem­bawa program nuklir ke meja perun­dingan,” tegasnya. Semakin dite­kan, dia mengaku bahwa Korut bakal semakin nekat.(AFP/Reuters/BBC/CNN/hep/c6/any)

Baca Juga