Beranda Metropolis

4.433 Meter Jalan Dibetonisasi

BERBAGI

BOGOR–Sejumlah ruas jalan Kota Bogor kini sedang dilakukan penataan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor mencatat, ada sepanjang 4.433 meter jalanan di Kota Bogor yang tengah dilakukan betonisasi.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Bogor, Wawan Gunawan mengatakan, ada delapan titik lokasi yang kini jalannya sedang dibetonisasi. Salah satunya, ruas Jalan Gedong Sawah, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, tepatnya di depan SMP Negeri 2 Kota Bogor. “Gedong Sawah, pengerjaannya 120 hari. Pelaksanaannya belum ada sebulan,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin (4/9).

Ia meluruskan atas persepsi di masyarakat yang mengatakan pembangunan jalan sepanjang 200 meter itu dilakukan asal-asalan. Banyak masyarakat menilai ketebalan betonisasinya hanya setebal lima sentimeter. Justru karena memang baru dimulai, sehingga terkesan belum maksimal. “Jadi, kemarin ada yang mengatakan hanya asal-asalan itu mereka tidak tahu. Itu hanya alasnya yang lima sentimeter,” terangnya.

Pengerjaannya pun dilakukan secara bertahap, agar lalu lintas di sekitar jalan tersebut tidak tersendat. Setelah beberapa hari pengerjaan, kini ruas jalan yang sudah dicor di jalan tersebut panjangnya sudah mencapai 40 meter. “Itu sebagian sudah dicor sepanjang 40 meter. Dari depan SMPN 2 sampai pertigaan Hotel Salak. Jadi kita kerjakan secara bertahap. Panjangnya sekitar 200 meter,” kata Wawan.

Sebelumnya, Dinas PUPR juga tengah melakukan pemba­ngunan di Jalan Empang hingga Pasir Kuda Kecamatan Bogor Barat. Pembangunan tersebut akan berjalan mulai 20 Agustus hingga 30 November. “Target kami 30 November sudah selesai. Mudah-mudahan bisa lebih cepat selesai. Karena di sana jalur macet, jadi perlu penanganan lebih cepat,” ujarnya.

Pembangunan yang menelan anggaran Rp4,3 miliar itu dimulai dari titik Empang, kemudian berangsur hingga Pasir Kuda. Untuk me­minimalisasi kemacetan, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.(rp1/c)

Komentar Anda