Beranda Metropolis

Jadikan Bogor Surganya Pencinta Gowes


SEMANGAT: Ribuan pesepeda meramaikan Gowes Pesona Nusantara (GPN) Etape Bogor, kemarin (3/9) pagi. Nelvi/radar bogor.

BOGOR–Sebanyak 120 siswa sekolah dasar (SD) memainkan musik angklung dengan lagu Indonesia Pusaka sebagai awal pembuka acara Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Gor Pajajaran, Jalan Pemuda, kemarin (3/9).

GNP 2017 yang merupakan kegiatan nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini digelar di 34 provinsi yang melibatkan 90 kota/kabupaten. Termasuk salah satunya, Kota Bogor, yang diberi nama Etape Kujang Bogor dan diikuti 1.500 peserta dari berbagai usia.

Sebelum pelepasan peserta, terlebih dahulu dilakukan serah terima berupa selodang bambu berisi air yang diambil di Kebun Raya Bogor (KRB), yang menurut budayawan merupakan situs dari Kerajaan Pajajaran, berikut sekepal tanah.

Air dan tanah ini diserahkan Wali Kota Bogor Bima Arya kepada staf ahli Kemenpora Adiati Noerdin, untuk kemudian akan dicampurkan dalam kegiatan Hari Olahraga Nasional di Magelang. “Kota Bogor turut menyumbang persatuan dan kebersamaan, karena air dan tanah ini nantinya akan dicampur dengan tanah dan air dari 90 kota/kabupaten, untuk dijadikan monumen sebagai bentuk persatuan untuk memperkokoh NKRI dan Pancasila,” ujar Bima.

Bima mengatakan, ada dua makna dari kegiatan ini. Yakni untuk kebugaran badan serta terjalinnya kebersamaan dan persatuan. Tak hanya itu, gowes ini memiliki daya tarik tersendiri karena ditunjang dengan cuaca Kota Bogor yang sejuk, pemandangan heritage serta track yang menantang, ada tanjakan dan turunan.

Sementara itu, Adiati Noerdin mengatakan, dalam kegiatan ini Menpora ingin membawa masyarakat menjadi sehat, bugar, dan bergembira sambil berolahraga. Jika badan sehat dan bugar, produktivitas pun akan meningkat.(wil/c)

Baca Juga