Beranda Ekonomi

Indonesia Dorong APEC

BERBAGI

JAKARTA–Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional, Kementerian Perdagangan, Deny Wachyudi Kurnia, menegaskan Indonesia terus mendorong APEC agar tetap memprioritaskan inklusivitas, termasuk pembangunan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Penegasan itu disampaikan pada rangkaian sidang tingkat pejabat senior (Senior Officials Meeting/SOM) APEC, beserta sidang komite dan subforum di Ho Chi Minh City, Vietnam, 19–30 Agustus 2017.

“UMKM berperan penting dalam penciptaan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang merata. Karena itu, perlu peningkatan kapasitas UMKM agar dapat bersaing secara global. Salah satu sasaran penting APEC adalah bagaimana peran UMKM dalam rantai produksi global, termasuk melalui penguatan e-commerce,” kata Deny dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (2/9).

Pada Committee on Trade and Investment (CTI), yaitu badan yang menangani secara teknis isu-isu perdagangan dan investasi, beberapa agenda penting berhasil dikukuhkan untuk menjadi capaian (deliverables) masa kepemimpinan Vietnam 2017.

Beberapa agenda yang penting dampaknya bagi RI, antara lain, UMKM dalam rantai perdagangan global, keuangan yang inklusif dan pembiayaan modal bagi UMKM, perdagangan bebas di kawasan Asia-Pasifik, peningkatan konektivitas, perdagangan jasa, dan perdagangan digital.(cr4/jpc)

Komentar Anda