Beranda Metropolis

Cara Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor Tumbuhkan Semangat Kebangsaan

BERBAGI
BERBAGI: Para pengurus Yayasan Al Kahfi Cabang Bogor bersama dengan siswa yang mendapatkan bantuan paket pendidikan.

Yayasan Al-Kahfi terus berkomitmen untuk membantu warga Bogor. Salah satunya dengan membagikan sedikitnya 250 paket bantuan peralatan sekolah kepada siswa-siswi kurang mampu, dalam program Tebar Paket Pendidikan ke Pelosok Bogor.

Menurut Ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Bogor, Sofyan Hadi, program yang diadakan Minggu (27/8) ini merupakan wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semangat mengisi kemerdekaan inilah yang mendasari Al-Kahfi dalam membuat program bantuan untuk siswa-sisiwi di pelosok Bogor yang yatim piatu dan duafa, namun memiliki semangat tinggi untuk menempuh pendidikan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh siswa-siswi penerima bantuan, para guru pembimbing, serta dimeriahkan oleh grup musik Alkahfinita yang didatangkan langsung dari Surabaya.

Tidak kurang dari lima lagu bertema Islam Kebangsaan dibawakan oleh Alkahfinita. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh duet Rere dan Efrida tersebut di antara­nya berjudul Indonesia Kehormatan­ku, Bhineka Tunggal Ika, Islam Kebangsaan, Tanah Air serta Merah Putih.

Salah satu lagu dengan judul Islam Kebangsaan yang mengajak masyarakat untuk membangun Indonesia berdasarkan Pancasila, mengisi kemerdekaan dengan persatuan dan persaudaraan, menambah antusiasme suasana seremonial ini.

Ketua Bidang Dakwah MUI Kota Bogor, KH Fuad Fithrie Fachrurrozie, mengapresiasi acara ini dan performance dari Alkahfinita. “Saya mengapre­siasi program Tebar Paket Pendidikan ke Pelosok Bogor ini, karena berarti juga mene­bar berkah. Dan ini sinkron de­ngan sabda Rasulullah, ‘Saling memberilah kalian maka akan tumbuh cinta’. Semoga ini bisa menaut­kan semua pihak untuk saling menebar kasih sayang,” tutur dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Kota Bogor, Jana Sugiana, menilai program ini harus berlanjut dan diikuti oleh instansi atau yayasan lain. “Sekarang pendidikan mem­butuhkan bantuan dari semua institusi dan semua yayasan, dan Al-Kahfi ini yang memulai membantu pendidikan langsung kepada siswa-siswi dari mulai SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/K atau MA se-Kota Bogor yang kurang mampu. Semoga dari tahun ke tahun terus-menerus diikuti oleh institusi-institusi atau yayasan-yayasan yang lainnya juga,” ucapnya.

Aris Kristiono dari Yayasan Al-Kahfi Pusat menambahkan, Yayasan Al-Kahfi merupakan lembaga dengan dasar Islam Kebangsaan yang bercita-cita membangun bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, agama dan kebudayaan ber­asaskan Pancasila.

Dia men­jelaskan bahwa cabang-cabang Yayasan Al-Kahfi di seluruh Indonesia memang bergerak dalam bidang pendidi­kan, dakwah, dan kesejahteraan sosial. “Yayasan Al-Kahfi ini bergerak dalam bidang pendi­dikan, dakwah dan kesejahteraan sosial,” ucapnya.(*)

Komentar Anda