Beranda Metropolis

Bebas Sampah dengan Arisan Kebersihan

BERSIH-BERSIH: Warga Padabeunghar RW 09, Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah, membersihkan Sungai Ciliwung, Sabtu (2/9). Kegiatan ini bagian dari arisan kebersihan di Kelurahan Babakan Pasar.

BOGOR–Jamaknya, arisan selalu identik dengan belanja dan uang. Namun, arisan yang diinisiasi Kelurahan Babakan Pasar kali ini cukup unik. Namanya, arisan kebersihan. Arisan ini mewajibkan setiap RW di Kelurahan Babakan Pasar untuk berpartisipasi membersihkan lingkungan.

Sistemnya sama seperti arisan pada umumnya. Bagi nama RW yang keluar atau menang, maka wilayah itu akan dipilih untuk melakukan aksi bersih-bersih lingkungan. “Arisan kebersihan yang dimaksud adalah menghimpun swadaya masyarakat. Setiap bulan, ketua RW dan tokoh masyarakat mengumpulkan iuran dari setiap warga.

Setelah dana tersebut terhim­pun, selanjutnya diberikan kepada RW yang namanya keluar dalam pengundian,” terang Lurah Babakan Pasar, Rokib Alhudry, di sela-sela aksi ke­ber­sihan di wilayah Pada­beunghar RW 09, Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah, Sabtu (2/9).

Kebetulan, wilayah Pada­beunghar RW 09, Babakan Pasar, menang arisan. Sehingga aksi bersih-bersih yang dipimpin langsung Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian itu dilakukan di Padabeunghar. “Jadi, RW yang memenangkan arisan berkewajiban membersihkan wilayahnya,” ucap dia.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan, dari 68 kelurahan di Kota Bogor, salah satu yang paling aktif dan paling peduli lingkungan adalah Kelurahan Babakan Pasar. Di hadapan ratusan warga yang siap bekerja bakti, Bima mengatakan, kunci semua ini karena lurahnya rajin dan warganya semangat.

Tidak mungkin kelurahan ini bisa bersih dan nyaman tanpa kolaborasi sinergis antara lurah dengan warganya. “Terima kasih kepada seluruh warga Babakan Pasar yang rutin dan mempunyai program yang unik yaitu arisan kebersihan. Program ini hanya di Kelurahan Babakan Pasar,” puji Bima.

Waketum Partai Amanat Nasional (PAN) itu merasa bangga dengan program ini. Karena biasanya arisan itu berkaitan dengan belanja, tetapi di kelurahan ini berupa kebersihan. Dia siap membantu dan mendukung kegiatan ini. “Saya berharap Kelurahan Babakan Pasar menjadi yang terdepan dalam hal kebersihan,” tandasnya.

Seusai membuka kegiatan, Bima bersama Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian, Camat Bogor Tengah Lili Sutarwili, Lurah Babakan Pasar Rokib Alhudri turun langsung membersihkan sampah di Sungai Ciliwung. Langkah ini pun diikuti LPM, tokoh masyarakat, para ketua RW, RT dan ratusan warga setempat.(wil/*)

Baca Juga