Beranda Berita Utama

Perbaiki Merah Putih di Thailand

BERBAGI

BOGOR–Video aksi heroik seorang guru asal Bogor menghebohkan jagat maya. Tampak dalam video tersebut, seorang WNI memanjat tiang bendera di lingkungan acara konservasi gajah di Lampang, Thailand. Pria tersebut kemudian memperbaiki bendera Indonesia yang terpasang terbalik di atas tiang.
Orang-orang dalam video diketahui rombongan dari SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor.

Si pemanjat tiang adalah Hikmat, seorang guru di sekolah tersebut. “Baik teman-teman, lihatlah di sana, bendera merah putihnya terbalik. Bisa dilihat ya. Benderanya terbalik jadi putih merah,” kata seorang perempuan yang merekam video melalui telepon genggamnya.

“Dan bapak-ibu dari rombongan Cibinong, dan kami dari Lampang Technical College minta agar diganti sendiri,” kata perempuan itu sembari terus merekam aksi Hikmat mencoba menurunkan bendera. “Dan Pak Hikmat meminta. Ini video. Ok ini Pak Hikmat dari SMK 1 Cibinong mengganti sendiri warna bendera Indonesia,” tuturnya.

Tampak dalam video itu, Hikmat gigih menaiki tembok tempat tertancapnya tiang bendera. “Kami tidak tahu apa yang terjadi di sini,” ucap si perekam. Perem­puan itu tak habis pikir adanya bendera negara tamu terpasang terbalik.

“Apakah mereka tidak tahu dari internet atau mana? Saya pikir bisa mencari tahu dari banyak sumber warna negara kita salah,” ujarnya.

Dalam video tersebut Hikmat menarik tali dan kemudian perlahan membalikkan bendera. “Ini semua biar mereka biar tahu,” katanya. Perempuan itu juga kembali menjelaskan, lokasi mereka berada di konsevasi Gajah, Provinsi Lampang, Thailand. “Saat ini masih terjadi proses pembalikan bendera,” ungkapnya.

Perempuan itu menyakini bendera tersebut adalah bendera Indonesia, bukan Polandia. Sebab, negara Polandia tak termasuk tamu dalam kegiatan tersebut. “Ya, kami sangat yakin ini adalah bendera Indonesia bukan Polandia, karena di sini semua adalah bendera negara Asean,” katanya.
Dikonfirmasi, bekas Kepala SMKN 1 Cibinong, Zainal Abidin membenarkan aksi memperbaiki bendera tersebut. “Iya benar, waktu itu. Sama pak Hikmat (diperbaiki bendera Indonesia),” singkatnya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaaan SMKN 1 Cibinong, Yudi Setiawan mengaku rekaman tersebut diambil sudah cukup lama. “ Sudah lama tetapi benar yang membalikkan itu kami, sama pak Hikmat guru Rekayasa Perangkat Lunak,” jelasnya.(don/c)

Komentar Anda