Beranda Ekonomi

Harga Stabil Jelang Idul Adha

BERBAGI

HARGA STABIL: Suasana di Pasar Jambu Dua. Meski Hari Raya Idul Adha sebentar lagi, tidak ada gejolak harga-harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Bogor.

BOGOR–Menjelang Idul Adha, Jumat (1/9) mendatang, se­jumlah harga beras cenderung stabil. Untuk beberapa komo­ditas belum ada kenaikan harga. Dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, harga sembako, misalnya, mengalami penurunan.

Pantauan Radar Bogor, pedagang sembako di beberapa pasar tradisional mengaku belum ada kenaikan harga. Walaupun ada, hanya beberapa komoditas, se­perti kacang-kacangan. Sedangkan beragam jenis cabai dan bumbu, harganya stabil hing­ga kemarin (28/8). Tidak hanya harga, stok barang juga tidak akan mengalami keku­rangan.

“Cabai, bumbu, biasa saja. Tidak ada kenaikan. Yang naik itu paling tomat, kacang-kacangan kayak buncis dan kacang panjang,” kata Iyoh, pedagang sembako Pasar Jambu 2, kepada Radar Bogor, kemarin.

Kenaikan juga di kisaran Rp2–3 ribu per kilogramnya. Tidak hanya Iyoh, pedagang lain juga menuturkan hal sama. Di Pasar Bogor, Abdi mengaku jika harga cabai, bumbu dan sayuran cenderung stabil.

“Kalaupun naik, mendekati hari raya. Kalau naik tidak terlalu besar,” kata Abdi. Saat ini, harga cabai per kilogramnya diban­derol di bawah Rp25 ribu. Di antaranya, cabai jablay hanya Rp20–22 ribu, rawit hijau Rp12 ribu, cabai merah besar Rp18 ribu, merah kriting Rp20 ribu, dan hijau besar Rp18 ribu.

Sedangkan tahun lalu di waktu yang sama, harga cabai masih cukup tinggi. Bahkan, cabai jablay mencapai Rp60–65 ribu per kilogramnya. Tahun ini, diakuinya, jauh lebih murah atau turun lebih dari 100 persen. Tidak hanya harga cabai, harga bumbu juga mengalami penurunan. Seperti bawang merah Rp20 ribu, bawang putih biasa Rp24 ribu, dan yang cutting Rp35 ribu.

Khusus bawang putih cutting sudah mengalami penurunan cukup besar, sampai 100 persen. Padahal beberapa minggu lalu masih di harga Rp70 ribu. Sedangkan yang harganya naik, yaitu tomat, dari sebe­lumnya Rp6 ribu, kini di­ban­derol Rp8 ribu.

Jenis kacang-kacangan yakni buncis mengalami kenaikan. Saat ini harganya Rp12 ribu, sebelumnya Rp8-10 ribu. Kacang panjang Rp14 ribu, sebelumnya Rp8-10 ribu per kilogramnya.(mer/c)

Komentar Anda