Beranda Female

Berkenalan dengan Perkumpulan Perempuan Wirausaha atau Perwira

BERBAGI

KOMUNITAS yang anggotanya berpotensi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan  perempuan di Kota Bogor.  Perwira sendiri singkatan dari Perkumpulan Perempuan Wirausaha. Perwira merupakan organisasi berbadan hukum untuk meningkatkan keahlian, kualitas, dan kuantitas produksi, kemajuan berusaha, pengabdian dan pengembangan usahanya serta membina UKM dan UMKM dalam turut serta melaksanakan pembangunan ekonomi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam struktur organisasi, dikepalai DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Perwira yang terbentuk pada 12 Februari 2016, Perwira DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Jawa Barat dan Perwira DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Kota Bogor.KOMUNITAS yang anggotanya berpotensi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan  perempuan di Kota Bogor.  Perwira sendiri singkatan dari Perkumpulan Perempuan Wirausaha. Perwira merupakan organisasi berbadan hukum untuk meningkatkan keahlian, kualitas, dan kuantitas produksi, kemajuan berusaha, pengabdian dan pengembangan usahanya serta membina UKM dan UMKM dalam turut serta melaksanakan pembangunan ekonomi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam struktur organisasi, dikepalai DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Perwira yang terbentuk pada 12 Februari 2016, Perwira DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Jawa Barat dan Perwira DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Kota Bogor.

Misi dari perwira adalah memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan di dalam UKM dan UMKM melalui pengikatan kemampuan anggota mengelola usaha untuk mendapatkan akses terhadap teknologi baru, pemasaran, dan pembiayaan usahanya. Perwira juga memberikan advokasi, pelatihan, manajemen SDM dan jaringan kerja serta ntuk meningkatkan usaha anggota.

Di dalam ketentuan AD/ART, Perwira memungkinkan adanya pembentukan Perwira DPD dan Perwira DPC, Metia Metriva, Dedeh Soeria Atmadja, Frida Nursanti dan Devia Sherly membentuk Perwira DPC Kota Bogor atas persetujuan DPP Perwira dan Perwira DPD Jawa Barat karena mereka melihat banyak kegiatan dari Perwira DPD yang sangat positif, sehingga membentuk Perwira DPC Kota Bogor. Perwira DPC Kota Bogor terbentuk karena melihat banyaknya usaha kecil dan menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di Kota Bogor, yang memiliki produk luar biasa namun belum termaksimalkan pemasarannya.

Metia Metriva, Dedeh Soeria Atmadja, Frida Nursanti dan Devia Sherly menghubungi kerabat dekatnya untuk bergabung ke dalam Perwira DPC Kota Bogor dan mendapat sambutan sangat positif. “Sampai saat ini, Perwira DPC Kota Bogor sudah memiliki 22 anggota inti, yang semuanya dari para pengusaha perempuan,” jelas Ketua DPC Perwira Kota Bogor, Metia Metriva.  Untuk menjadi anggota dari Perwira DPC Kota Bogor, kata Metia, tidak memiliki syarat tertentu.

“Setiap perempuan pelaku usaha yaitu UKM, UMKM, dan perempuan pengusaha Indonesia, tentunya WNI, berhak menjadi anggota Perwira dengan mendaftarkan diri pada sekretariat Perwira di tempat domisili usaha atau tempat tinggal dan mengisi formulir,” bebernya.  Kendati perkumpulan perempuan, kata Metia, bagi hal-hal yang tidak memungkinkan  dilakukan perempuan maka laki-laki wirausaha yang memilik keahlian yang dibutuhkan organisasi bisa bergabung menjadi anggota Perwira DPC Kota Bogor.

“Kami tidak hanya merangkul yang sudah sukses dengan usahanya, kami juga merangkul orang yang ingin memulai untuk membangun usaha yang akan diberikan seminar dan pelatihan untuk memperbaiki kualitas produk atau memperbanyak produk mereka. Jadi yang memiliki niat besar untuk berwirausaha bisa bergabung dengan  Perwira DPC Kota Bogor,” jelas Metia Metriva.

Perwira bekerjasama dengan instansi terkait, baik pemerintah maupun swasta serta luar negeri untuk mendapat peluang-peluang bisnis sehingga dapat memfasilitasi anggota-anggotanya dalam mengerjakan peluang bisnis tersebut sesuai bidangnya. “Perwira meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi anggota-anggotanya, Perwira melakukan promosi, distributor, dan pameran untuk memamerkan serta dapat menjual produk-produk anggotanya di dalam negeri maupun luar negeri. Perwira juga melakukan usaha perekonomian online (digital) di dalam dan luar negeri,” tandasnya.(cr6/c)

Komentar Anda