Beranda Ekonomi

Bank Pasar Studi Banding ke Surabaya

BERBAGI

STUDI BANDING: Para pengelola Bank Pasar Kota Bogor saat kunjungan ke PT BPR UMKM Surabaya.

BOGOR-PD BPR Bank Pasar Kota Bogor melakukan studi banding ke PT BPR UMKM Jawa Timur di Surabaya, akhir pekan lalu. Kepala Satuan Pengawas Internal Bank Pasar, Bambang Sulistyo mengatakan, kegiatan ini dipimpin Dirut PD BPR Bank Pasar Kota Bogor, Ibrahim. Tim diterima oleh Dirut PT BPR UMKM Jawa Timur, Subawi.

Studi banding tersebut dilakukan untuk melihat dan mendapatkan informasi terkait pengelolaan lembaga perbankan, khususnya bank perkreditan. BPR UMKM Jatim dinilai berhasil dalam mengembangkan bisnisnya di sektor kredit modal kerja dan investasi untuk UMKM di Jawa Timur.

Hal ini sejalan dengan rencana PD BPR Bank Pasar Kota Bogor melakukan transisi perubahan nama dan badan hukum menjadi Perumda BPR Bank Kota Bogor. Salah satu misinya, meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui perluasan dan peningkatan penyaluran kredit untuk UMKM di Kota Bogor khususnya dan Bogor secara keseluruhan.

“Bisa memacu kinerja PD BPR Bank Pasar Kota Bogor untuk bisa meningkatkan sektor kredit untuk UMKM,” ungkap Bambang kepada Radar Bogor, saat dijumpai di sela-sela kerjanya, kemarin. Hasil studi banding diharapkan berdampak pada kemajuan mental karyawan Bank Pasar Kota Bogor. “Terutama, meningkatkan semangat dan mindset kerja yang lebih aktif dalam mencari dan menyalurkan kredit modal kerja,” tukasnya.

Banyak pengetahuan yang diperoleh dalam studi banding tersebut. Terutama, terkait inovasi dan kreativitas produk kredit untuk UMKM, juga varian produk tabungan yang memungkinkan bisa diadopsi.

“Tentunya, ke depan harus siap menghadapi persaingan yang semakin ketat antar-BPR sejenis. Maka inovasi produk, segmen pasar dan pelayanan akan terus ditingkatkan,” tambahnya sembari menegaskan, Bank Pasar berkomitmen terdepan dalam pelayanan.(mer/c)

Komentar Anda