Beranda Pendidikan

Alasan Umi Lasmini Membuka Bimba AIUEO

BERBAGI
BANGGA: Umi Lasmini (kiri belakang) bersama anak-anak didiknya.

Mengajari anak bisa membaca dan menulis di usia dini, memang tidak mudah. Bahkan, tak sedikit anak-anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Nah, Bimba AIUEO didirikan untuk membantu anak-anak agar lancar membaca dan menulis dengan cara yang menyenangkan.

Laporan: Rany Puspitasari

Pemilik Lembaga Pendidikan Bimba AIUEO Puri Alam Kencana, Nanggewer Mekar, Umi Lasmini mengungkapkan alasan ia membuka lembaga pendidikan nonformal untuk anak 3 hingga 6 tahun miliknya tersebut. Yakni, pengalaman pribadi di mana anaknya yang waktu itu belum juga bisa membaca hingga umurnya cukup besar.
Umi memasukkan anak laki-lakinya itu ke Bimba AIUEO di salah satu daerah di Kabupaten Bogor.

“Anak saya sudah cukup umur untuk membaca, tapi tidak bisa membaca, dia tidak mau konsentrasi, tidak mau belajar, susah banget,” terangnya kepada Radar Bogor.
Setelah memasukkan ke Bimba AUIEO, anaknya mengalami perkembangan sangat baik. Bisa membaca dan aktif dalam membaca.
“Ternyata dia juga diajarkan berkonsentrasi,” tambah Umi.

Pengalamannya itu membuat dirinya ingin membantu sebagian anak di Kabupaten Bogor, khususnya lingkup Nanggewer Mekar. Ia pun membuka Bimba AIUEO dengan program yang tidak jauh beda. Khususnya untuk lebih meningkatkan minat baca, konsentrasi anak serta kemandirian anak.

Dibuka November tahun lalu, saat ini Umi memiliki 40 anak didik yang sangat mandiri dan percaya diri tampil dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Salah satunya kegiatan pentas baca yang diadakan akhir pekan kemarin. Dalam pentas baca, kata Umi, masing-masing anak maju membacakan teks yang sudah disesuaikan dengan levelnya masing-masing.

“Ini juga sebagai ajang untuk memperlihatkan seberapa bisa mereka membaca selama mengikuti pelajaran di Bimba kepada orang tua mereka yang juga hadir. Karena di Bimba, tiga tahun 72 jam pertemuan itu anak harus bisa baca, kalau tidak mereka bebas SPP,” beber Umi.

Umi berharap, ke depan makin banyak anak-anak, khususnya di Bogor, bisa dan sangat tertarik mem­­baca dengan Bimba AIUEO yang ia dirikan tersebut.(c)

Komentar Anda