25 radar bogor

Wapres Jusuf Kalla Rayakan Ulang Tahun Emas Pernikahan

ROMANTIS: Suasana 50 tahun pernikahan Wapres Jusuf Kalla dan Mufidah, Minggu (27/8/2017) di Hotel Dharmawangsa Jakarta Selatan.FOTO : JUNEKA/JAWAPOS

Wakil Presiden Jusuf Kalla merayakan ulang tahun ke-50 pernikahannya dengan Mufidah Jusuf Kalla, semalam (27/8). JK membacakan puisi yang dibuat khusus untuk istri yang dinikahi pada 27 Agustus 1967 itu.

Puisi itu banyak bercerita tentang kisah percintaan mereka sejak bersekolah di SMAN 3 Makassar. Selama tujuh tahun JK berupaya mendapatkan cinta Mufidah. ”Tapi engkau seperti jinak-jinak merpati,” ujar JK membacakan puisinya. ”Sama seperti tempat tinggalnya di Jalan Merpati,” celetuk JK yang mengenakan setelan jas dengan peci, tapi tanpa dasi itu. Hadirin pun dibuat tertawa.

Malam itu, Presiden Joko Widodo dan istrinya, Iriana, tampak hadir. Mantan Presiden BJ Habibie dan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid juga menyem­patkan datang. Terlihat pula mantan Presiden Megawati Soekarno Putri yang sempat memberikan ucapan selamat tapi tidak duduk sampai acara selesai. Para menteri Kabinet Kerja juga terlihat dalam jamuan makan malam yang salah satu menunya adalah sup ubi, salah satu makanan favorit JK.

Sepanjang puisi dibaca, gelak tawa dan tepuk tangan memang mengiringi. JK juga mengungkapkan rahasia-rahasia kecil yang jarang diketahui orang saat membacakan puisi. Seperti, dia nekat mengumandangkan azan di musala dekat rumah Mufidah. Tujuannya, tak lain untuk menggaet Mufidah dan orang tuanya.
”Tujuh tahun hanya nonton bioskop satu kali. Itu pun dengan teman-temanya,” ujar JK. Hadirin lagi-lagi tertawa.

Tapi, dia yakin usaha yang keras itu akan membuahkan hasil yang manis. Setelah tujuh tahun berupaya, dia pun berhasil meminang Mufidah. Mereka mengarungi awal bahtera rumah tangga dengan meneruskan usaha dagang keluarga Kalla. Mufidah membesarkan lima anaknya tanpa bantuan babysitter. ”Aku ingin minta maaf kepadamu. Karena selama 50 tahun aku tidak pernah memberikan bunga sambil mengucapkan I love you,” ungkap dia. Hadirin tertawa dan bertepuk tangan.

Jokowi menuturkan bahwa JK adalah sosok yang humoris. Di waktu senggang saat bertemu, mereka juga sesekali bercanda tentang banyak hal. ”Tapi, tentu tidak bisa saya sampaikan di sini,” ungkap Jokowi yang mem­berikan sambutan semalam. Dia mendoakan agar pasangan tersebut bisa semakin langgeng dan sehat selalu.

Acara itu lebih banyak diisi dengan nyanyian dan tarian. Terlihat tampil artis Cici Paramida dan Sarwana. Cucu-cucu JK membawakan persembahan lagu. Sedangkan putri mereka menampilkan tari serampang 12. Mufidah pun diminta maju oleh putrinya untuk ikut serta menari. Malam itu Mufidah juga mengungkapkan rasa cintanya pada JK. ”Saya juga sebenarnya memendam rasa,” kata Mufidah seolah mengklarifikasi soal ‘jinak-jinak merpati’.(jun)