Beranda Berita Utama

Setiap Pekan Kebakaran

BERBAGI

BOGOR-Hampir setiap pekan selalu terjadi kebakaran di Kota Bogor. Kemarin (27/8), giliran sawah seluas 18 hektar di Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, hangus dilalap si jago merah. Api diketahui berasal dari aksi warga membakar sampah.

Warga RT 04/07 Kelurahan Sindangbarang, Nurdin (27) menceritakan asal mula peristiwa tersebut. Sekitar pukul 13.00, ada seorang warga yang membakar ilalang di tengah sawah. Diduga karena hembusan angin cukup kencang, api merembet pada tumbuhan kering lainnya dan membesar.

“Saya juga belum tau siapa pastinya yang membakar sampah ilalang itu. Tapi yang pasti tidak ada korban. Paling hanya petani saja korbannya karena kan sawahnya terbakar, mungkin ada beberapa tumbuhan juga yang tinggal panen tapi batal,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (27/8).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, api yang sempat membesar membuat seluruh ilalang yang ada di lahan tersebut terbakar. Setelah mendapat laporan warga, pihaknya langsung menerjunkan lima unit Mobil Pemadam Kebakaran ke lokasi.

“Dua unit dari Pos Cibuluh, dua unit dari Pos Yasmin, dan satu unit dari pos Sukasari. Berhasilkan dipadamkan demikian laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Bogor,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kota Bogor, terhitung sejak awal tahun hingga akhir Juli, sedikitnya ada 42 peristiwa kebakaran yang mayoritas terjadi karena kelalaian.(rp1/c)

 

Komentar Anda