Beranda Metropolis

Saatnya Penyanyi Jalanan Unjuk Gigi

BERBAGI

BOGOR–Suasana di depan Markas Kodim 0606 Kota Bogor, Jalan Sudirman, begitu segar kemarin pagi (27/8). Secara bergantian, musisi jalanan tampil unjuk gigi. Mereka saling adu kemampuan dalam lomba musik penyanyi jalanan, yang merupakan rangkaian Festival Merah Putih (FMP) 2017.

Ketua Yayasan Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) Merdeka Bogor, Rizal Ucok mengatakan, kerja sama dengan FMP 2017 sudah dijalin sedari Mei lalu. Lomba ini, kata dia, berawal dari pendataan para penyanyi jalanan secara intens setahun ke belakang ini, yang notabene, terdiri atas 13 kantong pengamen di Kota Bogor.

“Dengan adanya sarana ini, kami ingin memperjuangkan hak-hak anak bangsa. Sedianya, mereka juga memiliki hak-hak yang sama, terkait background mereka yang ada di jalan,” ucap dia.

Dalam lomba tersebut, setiap peserta diwajibkan menyanyikan dua lagu. Yakni lagu wajib, Bendera dari Coklat atau Di Bawah Tiang Bendera dari Iwan Fals, dan lagu ciptaan sendiri. “Para peserta semuanya masih aktif di jalan, meski saya tidak membatasi, ada juga peserta dari kalangan pelajar,” imbuhnya.(wil/c)

Komentar Anda