Beranda Politik

KPU Luncurkan Aplikasi

BERBAGI

BANDUNG–Kemajuan teknologi sulit dibendung, sehingga KPU berencana meluncurkan sebuah aplikasi online yang bernama Aps Challenge. Hal itu sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait pilkada serentak 2018 mendatang.

Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat mengatakan, saat ini KPU Jabar sedang melakukan persiapan untuk pilkada serentak 2018. Terutama terkait sosialisasi jadwal pilkada, dan tahapannya kepada para stakeholder.

“Persiapan yang sedang dilakukan soal sosialisasi tentang jadwal tahapan pilkada ke stakeholder dan masyarakat. Termasuk juga kami melakukan sosialisasi ke jajaran internal kpu sampai kpu kabupaten/ kota dalam rangka menyeragamkan sikap dan pikiran kita dalam melaksanakan Pilgub 2018,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Yayat, saat ini pun KPU Jabar sedang melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk membuat sebuah aplikasi online. Khususnya dengan Unikom, Telkom dan Polban. “Ini dalam rangka membuat Aps Challenges atau aplikasi yang bisa dibuka secara online,” jelasnya.

Menurutnya, aplikasi tersebut akan memudahkan masyarakat dalam mengakses segala informasi terkait pelaksanaan pilkada. Termasuk juga itu akan memudahkan para penyandang disabilitas mengakses informasi.

“Itu model game yang ramah disabilitas, baik buat tunarungu tunanetra, sedang kita kerjasamakan dengan ketiga perguruan tinggi tersebut. Dengan adanya aplikasi ini mudah-mudahan bisa memudahkan penyandang disabilitas mengakses informasi tentang Pilkada Jabar,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, aplikasi tersebut pun bisa mengakses kelompok masyarakat milenial, atau anak-anak abg yang akrab dengan gawai dan sangat minim berinteraksi secara langsung. “Mudah-mudahan dengan aplikasi itu bisa memudahkan mendapat informasi, terutama untuk pemilih pemula,” terangnya.(rp2/c)

Komentar Anda