Beranda Olahraga Kickers

Dembele Pilihan Tepat

BERBAGI

CATALAN–Barcelona secara resmi mendapatkan pengganti Neymar. Mereka resmi mendatangkan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmuund, Jumat (25/8) WIB.

Dembele datang ke Camp Nou dengan nilai kontrak 105 juta euro atau setara Rp1,6 triliun. Dembele akan bermaian di Barcelona selama lima tahun, sesuai kontraknya. Ia pun menjadi pemain termahal kedua, setelah Neymar.

“FC Barcelona dan Borussia Dortmund telah mencapai kesepakatan untuk transfer Ousmane Dembele seharga 105 juta euro plus bonus. Pemain akan menandatangani kontrak lima tahun dan klausul buy-out-nya ditetapkan sebesar 400 juta euro,” tulis laman resmi Barcelona.
Penetapan harga itu seperti menunjukkan kalau Barca belajar dari sebelumnya. Sebab, saat Neymar punya klausul penjualan sebesar 222 juta euro, Paris Saint-Germain tetap saja berani menebusnya.

Keputusan Barca gaet Dembele terbilang tepat dibanding Coutinho yang jua awalnya jadi kandidat. Sebab, pemain muda asal Prancis itu dianggap punya tipikal yang tak jauh berbeda dengan Neymar.

Hal ini dibuktikan dari berbagai indikator. Soal assist, Dembele juga mahir dengan catatkan 12 kali ketimbang Coutinho yang cuma tujuh. Meski memang Coutinho lebih apik dalam cetak gol, yakni 13 gol berbanding enam Dembele.
Akan tetapi, terkait statistik permainan, Dembele lebih unggul. Rataan umpannya bersama Dortmund di Bundesliga musim lalu lebih panjang, yakni capai 18,41 meter, ketimbang Coutinho yang cuma 18,29 meter.

Indikator selanjutnya soal duel. Meski postur tubuhnya tak besar, dia nyatanya lebih sering berduel dengan 53,76 persen. Berbeda dengan Coutinho yang cuma 47,12 persen.

Soal umur juga Dembele punya masa depan lebih panjang. Dia saat ini lima tahun lebih muda daripada Coutinho, yakni 20 tahun. Tentu dia masih bisa banyak melakukan sesuatu besar di masa depan.

Coutinho sendiri sebenarnya unggul dalam beberapa indikator statistik dari Dembele, tapi tipis. Soal ciptakan peluang, di Premier League musim lalu, pemain Brasil itu melakukannya 65 kali, berbanding 63 milik Dembele.

Demikian pula dengan umpan kunci. Coutinho unggul dengan menciptakan umpan kunci sebanyak 58 kali, sedang Dembele 51 kali. Tapi, mengingat usia Dembele yang masih muda, jelas dia akan belajar banyak apalagi akan bermain dengan pemain kaliber dunia, macam Lionel Messi, dan Luis Suarez.(dkw/jpg)

 

Komentar Anda