Beranda Metropolis

Cara PDAM Tirta Pakuan Cegah Mark-up dalam Proses Lelang

BERBAGI
TEROBOSAN: Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan menggagaspenerapan e-katalog dalam proses lelang barang dan jasa.

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menjadi salah satu penggagas penerapan sistem e-katalog dan transformasi pengadaan barang dan jasa se-Indonesia, dalam seminar Pengadaan Barang dan Jasa ‘Menggagas E-Katalog dan Transformasi Pengadaan PDAM’ di Malang, Jawa Timur, pekan lalu.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar seratus PDAM se-Indonesia tersebut, PDAM Kota Bogor menekankan pentingnya transformasi pengadaan dan penerapan sistem e-katalog dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Di dalam pertemuan tersebut, dibentuk Forum Komunikasi Pengadaan (FKP) PDAM seluruh Indonesia melalui deklarasi pembentukan Forum Komunikasi Pengadaan PDAM yang ditandatangani oleh direksi PDAM yang hadir.

Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan, yang menjadi pembicara dalam pertemuan, mengatakan bahwa penerapan e-katalog dapat meminimalisasi berbagai mark-up, karena harga yang ditetapkan sudah disepakati oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). “Melalui e-katalog, kita akan lebih mudah mendapatkan barang dan jasa. Juga bisa menekan kebocoran karena harga barang dan jasa sudah ditetapkan LKPP,” kata Rino.

Jika e-katalog untuk PDAM tersebut sudah terbentuk, Rino berharap, pelaksana pengadaan barang dan jasa harus ber­sungguh-sungguh melak­sana­kan pengadaan dan sesuai aturan yang berlaku. “Jadi, nanti pejabat yang bersangkutan harus memahami betul pencegahan tindak korupsi saat menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa,” ucapnya.

E-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa di PDAM yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Rino optimistis, dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam mem­beli produk, dapat memilih dan menentukan produk se­suai kebutuhan. ” Apalagi, informasi spesifikasi, harga, dan merek telah dibuka, bah­kan dapat diakses oleh semua pihak,” tandasnya.(wil/*)

Komentar Anda