Beranda Nasional

Satukan Keberagaman

BERBAGI
MERIAH: Presiden Jokowi mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, kemarin.Sofyan/ Radar Bogor

BANDUNG-Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 berjalan meriah, kemarin (26/8). Bahkan, Presiden Jokowi pun tampak pangling dengan mengenakan pakaian tradisional Sunda dilengkapi penutup kepala ikat.

Diawali pemukulan kohkol tujuh kali, menandakan acara puncak perayaan HUT ke-72 RI itu dimulai. Gemuruh disusul 100 suara kohkol peserta dan 1.000 gendang tangan.

Didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, orang nomor satu di Indonesia itu lang­sung menuju singgasana di atas Kereta Pancasila karya seniman Bandung. Mengangkat tema ’Nyalakan Api Kerja Bersama’ untuk bersama mengisi kemerdekaan. Hampir seluruh penjuru ruas jalan Kota Bandung dipenuhi warga yang dihadiri sekitar 100 ribu orang. Dimulai pukul 14.00, iring-iringan menyusuri Iintasan karnaval sepanjang 3,8 kilometer.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, kesuksesan karnavaI merupakan hasiI kerja bersama mas­yara­kat Jawa Barat dan pendukung dari berbagai daerah di Indonesia. Pria yang akrab disapa Aher ini juga menyebut karnaval ini adaIah pesta rakyat untuk merayakan keberagaman Indonesia.

Ketua Pelaksana Karnaval Kemerde­kaan Iman Noer Adi me­nya­takan, karnaval ini tidak hanya me­nampilkan orang sebagai pelaku kebu­dayaan itu sendiri, tapi juga hewan se­perti domba Garut dan kuda.(don/c)

Komentar Anda