Beranda Berita Utama

Ribuan Guru Paud Jalan Sehat

BERBAGI

BOGOR–Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kota Bogor hari ini (27/8) menggelar jalan sehat memperingati hari ulang tahunnya yang ke-12. Jalan sehat rencananya diikuti seribuan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Taman Heulang, Tanahsareal, Kota Bogor.

Ketua Himpaudi Kota Bogor, Tetty Syafisantika mengatakan, sebelum jalan sehat, akan ada senam dan pembagian doorprize. “Akan ada lima mobil pintar,” kata Tetty kepada Radar Bogor, kemarin (26/8).

Perayaan Hari Ulang Tahun ke-12 Himpaudi ini juga dimeriahkan dengan seminar nasional yang mengangkat tema ‘Gerakan Nasional Perbaikan Gizi Anak Usia Dini’. Seminar di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, itu akan dihadiri 2.000 pendidik dan tenaga kependidikan yang dihadiri Ketua Umum Himpaudi Prof Netty Herawati serta beberapa pembicara.

Tetty menuturkan, Himpaudi Kota Bogor juga mengadakan seminar kependidikan. “Seminar kami bertemakan Pendidikan yang Memerdekakan Anak, yang dihadiri Bunda Paud Kota Bogor Yane Ardian,” ujarnya.

Tetty berharap dengan kegiatan tersebut ada kesetaraan yang tercipta antara guru formal dan non-formal. “Kami sama-sama guru, mendidik anak, jadi mudah-mudahan tidak ada dikotomi antarformal dan non-formal. Bahwa kami itu ada dan tidak berbeda dengan pendidikan formal,” harapnya.

Sejarah Himpaudi Kota Bogor

Sementara itu, pendirian Himpaudi Kota Bogor dilatarbelakangi terbentuknya pengurus wilayah Himpaudi Jawa Barat yang dilantik pada 25 Desember 2005 di Bandung. Pendidikan usia dini dianggap pendidikan sangat mendasar dan strategis dalam pembentukan manusia seutuhnya. Searah dengan perkembangannya maka dibentuklah suatu wadah dapat menghimpun para tenaga pendidik dan kependidikan di bidang anak usia dini bernama PD Himpaudi Kota Bogor pada 1 Juni 2006.

Himpaudi Kota Bogor memiliki visi membangun manusia Indonesia, khususnya para pendidik anak usia dini Kota Bogor, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, cakap, kreatif, dan mandiri.

Sedangkan misinya terdiri dari memberikan pembinaan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, meningkatkan kesejah­teraan bagi para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini.

Sementara visinya, me­ngembangkan ilmu pendidikan anak usia dini dan menjadi fasilitator bagi seluruh elemen yang berkaitan denagn pendidikan anak usia dini di wilayah Kota Bogor.

Himpaudi Kota Bogor juga memiliki tujuan umum, yakni menampung, memperjuangkan dan mewujudkan aspirasi para penyelenggara, pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini yang menjadi anggota Himpaudi; meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini; membantu anak usia dini agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat diperoleh secara optimal; menyiapkan generasi yang berkualitas untuk membangun bangsa dan negara.

Sementara, tujuan khususnya sebagai sarana pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini dan menyosialisasikan pentingnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas kepada semua lapisan masyarakat.

Himpaudi Kota Bogor memiliki sasaran, para pendidik anak usia dini, tenaga kependidikan anak usia dini, para profesional dan berjasa terhadap dunia pendidikan anak usia dini serta para anak usia dini di Kota Bogor.

Sasarannya adalah meningk­atkan profesionalisme kerja para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini di Kota Bogor, menyiapkan generasi yang berkualitas untuk membangun bangsa dan negara, meningkatkan kesejahteraan para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini di Kota Bogor, mengoptimalkan pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, dan memberikan pelayanan kepada seluruh anak usia dini di Kota Bogor, agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.(cr1/c)

Komentar Anda