25 radar bogor

Owi/Butet Melaju ke Final

BANGGA: Owi/Butet menang saat babak semifinal di Emirates Arena, Sore kemarin (26/8).
BANGGA: Owi/Butet menang saat babak semifinal di Emirates Arena, Sore kemarin (26/8).

GLASGOW– Sudah lama pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir puasa gelar saat tampil di kejuaraan dunia bulu tangkis. Terakhir kali pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu meraih medali emas di pentas dunia tersebut saat tampil di Guangzhou, Tiongkok, 2013 lalu.

Nah, kali ini, ganda campuran terbaik tanah air itu berkesempatan menyudahi puasa gelar tersebut setelah sukses menembus babak final event yang sama di Glasgouw, Skotlandia. Owi/Butet menang mudah 21-16,21-13 atas pasangan peringakat ke-10 asal Hongkong, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah dalam babak semifinal di Emirates Arena, Sore kemarin (26/8).

“Kami ingin juara dunia lagi, tadi di lapangan, kami ingin usaha yang terbaik. Kami tidak berpikir soal menang atau kalah, yang penting keluarkan kemampuan terbaik,” ujar Tontowi dalam konferensi pers usai laga. “Kami akan berusaha keras untuk bisa memberikan yang terbaik di pertandingan final besok (hari ini, red),” ucapnya.

Kendati menang mudah, pemain berusia 30 tahun itu menambahkan, pasangan Hongkong yang baru mereka taklukkan tersebut adalah salah satu lawan terberat. Apalagi, mereka sudah bisa mengalahkan pasangan Tiongkok di perempat final. “Hari ini kami benar-benar tidak mau lengah walaupun kami lebih diunggulkan,” tegasnya.

Selain itu, Liliyana menambahkan bahwa, kemenangan di babak semifinal tersebut sekaligus menjadi laga pemanasan bagi mereka sebelum tampil di final.

Dalam perkembangan yang sama, lolosnya Owi/Butet itu kian lengkap, lantaran pasangan ganda putra nasional, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro juga lolos ke babak pamun­cak tersebut setelah mengalahkan unggulan ke empat asal Jepang, Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda dengan skor 21-12,21-15.(ben)