Beranda Olahraga Kickers

Ousmane Dembele, Pemain Termahal Kedua Sejagat

BERBAGI

Alcacer, Messi, Deulofeu. Lini depan Barcelona saat ini cukup mengenaskan. Tak dapat dimungkiri, masih ada Lionel Messi yang konsisten sebagai megabintang, topskor, dan juru selamat Barcelona. Alcacer, Messi, Deulofeu. Lini depan Barcelona saat ini cukup mengenaskan. Tak dapat dimungkiri, masih ada Lionel Messi yang konsisten sebagai megabintang, topskor, dan juru selamat Barcelona.  Melihat Messi tanpa dua sokongan yang sepadan, lini serang Barca layaknya sebuah tripod yang pincang sebelah, tak layak menjadi penopang sebuah kamera dalam membidik target.

Neymar telah pergi dengan meninggalkan rasa pahit. Uang 222 juta euro dari Paris Saint-Germain tak sanggup menggantikan kepergi­annya yang begitu disesalkan oleh Cules. Belum lagi dengan konflik uang bonus Neymar yang bakal berlanjut di meja hijau.
Lalu, Barcelona membuat langkah aneh dengan membeli Paulinho senilai 40 juta euro. Akun sosial media klub yang diretas beberapa hari lalu juga menunjukkan sikap frustrasi fans.

Di dalam lapangan, Barcelona juga tengah cemas menatap masa depan klub bersama Ernesto Valverde, pelatih baru yang masih belum teruji. Dalam situasi seperti ini, Luis Suarez malah dibekap cedera lutut yang membuatnya akan absen selama sebulan.

Biasanya, seseorang yang sedang putus asa akan membuat tindakan gegabah. Bara­ngkali, Barcelona tengah memasuki tahap itu ketika mereka mengumumkan kedata­ngan Ousmane Dembele, seorang pemuda 20 tahun dengan koleksi tujuh caps di timnas senior Prancis, lewat biaya yang menjadikannya sebagai pemain termahal kedua sejagat.
Jumat (25/8), Barcelona mengonfirmasi jika kedatangan Dembele dari Borussia Dortmund ini bisa menghabiskan 147 juta euro. Rinciannya, biaya transfer senilai 105 juta euro setara Rp1,66 triliun plus bonus 42 juta euro yang dilaporkan memiliki persyaratan mudah untuk diaktifkan. Turut pula disertakan klausul pelepasan senilai 400 juta euro (sekitar Rp6,365 triliun).

Jika menyimak kualitas permainan, pengalaman di level internasional, kematangan psikologis, hingga sisi komersial, banderol Dembele bisa dibilang “lebih mahal” ketimbang Neymar.

Padahal, menurut laporan L’Equipe, Barce­lona sebetulnya bisa mendapatkan Dembele dari Rennes pada musim panas 2016 seharga 5 juta euro saja. Dembele lalu memilih hengkang ke Dortmund senilai 15 juta euro. Setelah semusim di Jerman menghasilkan 10 gol dan 21 assist, harga sang winger belia mulai melonjak signifikan.Transfermarkt menyebut market value Dembele senilai 33 juta euro. Dortmund tentu ogah mengikuti harga pasar tersebut dan memasang price tag 50-70 juta euro kepada klub-klub peminat. Sial bagi Barcelona, harga itu dipatok sebelum mereka menjual Neymar.

Selanjutnya adalah cerita tentang keputusa­asaan Barca dalam mencari pengganti Ney. Sejumlah target top masuk daftar sebelum akhirnya mengerucut ke dua nama, Dembele dan Philippe Coutinho. Berhubung Liverpool terus mengatakan tidak, tidak, dan tidak untuk melepas Coutinho berapa pun harganya, Barcelona pun menjatuhkan pilihan kepada Dembele.

Di masa-masa sulit ini, perekrutan Dembele yang overpriced sekali lagi menunjukkan gelagat putus asa Barcelona. Perjudian besar Blaugrana untuk mendatangkan pemilik baru jersey nomor 11 ini memang sebaiknya memberikan imbal hasil yang impas di akhir cerita.(net)

Komentar Anda